spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

70 Tahun Berau, Terus Mantapkan Pembangunan demi Kemajuan Berau

TANJUNG REDEB – Peringati hari jadi Kabupaten Berau yang ke-70 tahun dan Kota Tanjung Redeb yang ke-213 tahun, Pemkab Berau menggelar upacara di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Jumat (15/9/2023). Terlihat ratusan masyarakat turut menyaksikan upacara tersebut di sekitar Lapangan Pemuda.

Upacara diawali dengan pertunjukan tari kolosal “Tari Rintak Tanah Banua” binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau. Ratusan pelajar berpartisipasi dalam tari kolosal tersebut. Menampilkan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Berau yang dibungkus dalam satu tarian dari tiga suku asli Berau, yakni, Banua, Bajau dan Dayak.

Tarian tersebut diakhiri dengan persembahan makanan khas tiga suku Berau berupa Puncak Rasul, Lemang dan Tehe Tehe kepada Bupati Berau Sri Juniarsih dan Wakil Bupati Berau Gamalis.

Selanjutnya, Camat Tanjung Redeb membacakan selayang pandang terciptanya Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb dari awal hingga saat ini.

Setelah upacara selesai, dilakukan penyerahan puncak rasul dari Kesultanan Gunung Tabur kepada Bupati Berau serta Kesultanan Sambaliung kepada Wakil Bupati Berau.

Bupati Berau Sri Juniarsih mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh adat, tokoh masyarakat, pejabat publik, dan segenap insan yang senantiasa memberikan kontribusi terbaiknya demi kemajuan Bumi Batiwakkal.

BACA JUGA :  Optimistis Juara Lomba Desa, Mudawi Paparkan Inovasi Labanan Makarti

“Kita semua patut bersyukur, bahwasanya Kabupaten Berau telah bertambah dari sisi usia, sekaligus juga semakin baik dalam pelaksanaan agenda pembangunan,” katanya, Jumat (15/9/2023).

Diungkapkannya, 70 tahun adalah usia yang sangat matang, yang merefleksikan perjalanan panjang Kabupaten Berau sejak berdiri pada tahun 1953 silam, terus mengalami perkembangan pesat dari masa ke masa.

Pembangunan daerah Kabupaten Berau Tahun 2021-2026 sebagai periode keempat sekaligus terakhir dalam kerangka pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Berau, diarahkan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang, dengan berfokus pada upaya mewujudkan perekonomian daerah yang berorientasi kerakyatan dan berkelanjutan dengan kualitas sumber daya manusia yang menguasai iptek berbasis imtak dan budaya, mengembangkan aksesibilitas dan konektivitas infrastruktur daerah serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kami terus melakukan berbagai langkah. Dimulai dari fokus pemulihan ekonomi pasca-pandemi, pengembangan sektor unggulan daerah, peningkatan daya saing investasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pemerataan sarana dan prasarana publik,” terangnya.

Sri mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan momentum peringatan hari jadi ini sebagai motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjalanan Kota Sanggam dengan hal-hal yang bermanfaat.

BACA JUGA :  Sepanjang 2023, Angka Pengangguran di Berau Turun

“Marilah senantiasa kita doakan kebaikan dan keselamatan bagi para pendahulu, pendiri, dan pemimpin Kabupaten Berau di manapun beliau berada,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Mantan Bupati Berau dua periode, Makmur HAPK menyampaikan, selamat Ulang Tahun Kabupaten Berau yang ke-70 tahun dan Kota Tanjung Redeb yang ke-213 tahun. Diharapkan dapat dimaknai untuk terus melaksanakan pembangunan Berau lebih maju de depannya.

“Terutama sebagai pengganti kami dengan tantangan di masa lalu tidak ada APBD seharusnya bisa lebih maksimal dalam memajukan Berau dan Tanjung Redeb,” paparnya.

Itu merupakan harapan bersama. Jangan sampai hari jadi ini tidak menjadi momentum yang tidak dimaknai bagi diri sendiri. Makmur juga mengingatkan untuk terus membenahi diri sehingga tidak meninggalkan kenangan-kenangan yang tidak baik untuk Berau tercinta. Semua yang dikerjakan perlu dievaluasi sehingga tidak meninggalkan jejak sejarah yang buruk.

“Termasuk saya juga terus belajar dari apa yang sudah dilakukan para pendahulu sebelumnya,” ujarnya.

“Semangat jangan luntur, kepada pemimpin sekarang jarus lebih banyak belajar dari kekurangan dan kelebihan pemimpin kita dahulu,” tutupnya.

BACA JUGA :  Ratusan Pekerja Terancam Dirumahkan

Sementara itu, Wakil Bupati Berau Gamalis mengatakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Berau ke-70 dan Kota Tanjung Redeb ke-213 diharapkan mampu lebih meriah dari pada tahun kemarin. Berbagai rangkaian acara akan dilakukan agar masyarakat Berau dapat merasakan euforia dari hari jadi tersebut.

Gamalis menjelaskan terkait persiapan berbagai acara dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Berau sudah cukup matang. Tinggal eksekusi dari berbagai acara yang belum di lakukan.

“Serangkaian acara sudah kita laksanakan, seperti Menguat Banua sudah dilakukan kemarin (14/9/2023) dan hari ini Upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Berau, tinggal Manutung Jukut yang akan dilaksanakan hari Minggu (17/9/2023) dan ke depannya akan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Pewarta: Amnil Izza
Editor : Nicha Ratnasari

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img