spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

53 CPNS Pemkot Bontang Selesaikan Pelatihan Dasar, 90 CPNS Lainnya Memulai Tahapan Pembelajaran

BONTANG – Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pada Pasal 36 menyebutkan bahwa Calon PNS yang diangkat menjadi PNS harus memenuhi persyaratan:

  1. Lulus pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 34; dan
  2. Sehat jasmani dan rohani.

Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menargetkan sebanyak 143 orang CPNS Pemkot Bontang yang diangkat tahun 2022 secara keseluruhan dapat menyelesaikan Pelatihan Dasar (Latsar) pada tahun 2022 ini juga.

Menurut Kepala BKPSDM Kota Bontang Sudi Priyanto, saat ini sebanyak 53 CPNS Golongan III telah selesai menempuh Latsar di Puslatbang KDOD LAN dan seluruhnya dinyatakan Lulus, dengan rincian:

  1. Angkatan XXI sebanyak 40 orang (1 kelas CPNS Pemkot Bontang), yang penutupannya telah dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022;
  2. Angkatan XXII sebanyak 13 orang (bersama 27 orang CPNS Pemkot Balikpapan), yang penutupannya dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022.

Selanjutnya sebanyak 90 orang CPNS Golongan II akan mengikuti Latsar di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang pada kesempatan ini telah memulai pada tahapan pembelajaran mandiri secara online dan dijadwalkan akan melaksanakan tahapan klasikal pada awal bulan Oktober 2022.

Sudi menambahkan bahwa Latsar bagi CPNS ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi.
  2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
  4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik dan benar.

Sistem Penilaian Pelatihan Dasar CPNS (Latsar CPNS) menggunakan persentase poin yang terdiri atas:

  1. Sikap – 10% oleh Tim Bela Negara (BN).
  2. Absensi Kelas – 40% oleh Widyaiswara (WI) yang mengajar.
  3. Ujian – 20% oleh Widyaiswara (WI) yang mengajar.
  4. Aktualisasi – 30% oleh Penguji, Coach, dan Mentor.

Pada kesempatan ini, Sudi mengucapkan selamat kepada seluruh CPNS yang telah selesai dan dinyatakan lulus Latsar, dan terkhusus kepada 3 besar terbaik di masing-masing angkatan Latsar di Puslatbang KDOD LAN yaitu :

Angkatan XXI :

  • Peringkat I : Dadang Hariadi, S.Tr.Tra (Analis Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan)
  • Peringkat II : Drh. Dara Pur Atikah (Medik Veteriner Ahli Pertama pada Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan Dan Pertanian)
  • Peringkat III : dr. Salwah Nur (Dokter Ahli Pertama pada Puskesmas Bontang Utara I Dinas Kesehatan)

Angkatan XXII :

  • Peringkat I : Desy Tri Susanti, S.T. (Pengawas Tata Ruang Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota)
  • Peringkat II : dr. Dwi Ayu Kusumawardani (Dokter Ahli Pertama Pada Puskesmas Bontang Selatan Ii Dinas Kesehatan). (adv)
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img