spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

37 Tim Sepak Bola U-10 dan 12 Siap Berebut Piala Kapolres Kubar

KUTAI BARAT – Sebanyak 37 tim dari Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kutai Barat mengikuti pertandingan sepak bola usia 10  – 12 Tahun dan memperebutkan Piala Kapolres Kutai Barat Tahun 2023.

Pertandingan sepak bola usia dini ini bekerjasama Askab-PSSI Kutai Barat  dengan Polres Kubar. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni 24-26 November 2023 di Stadion Swalas Gunaq Kecmaatan Barong Tongkok.

“Pesertanya yang usia 10 tahun itu  sebanyak 12 tim dan kemudian untuk usia 12 tahun ada 25 tim. Mereka adalah tim-tim dari SSB yang sudah menjadi anggota Askab PSSI Kutai Barat,” kata Ketua Askab PSSI Kubar, Teddy Rakhmat  saat ditemui di lapangan Swalas Gunaq, kecamatan Barong Tongkok, Sabtu,(25/11/23).

Teddy mengaku sepak bola usia dini jadi salah satu program prioritas Askab PSSI Kutai Barat baik sisi pembinaan maupun kompetisi.

“Kalau dulu kan masih umum ada mewakili sekolah, kecamatan atau pesantren. Tapi sekarang kita buat sesuai statuta PSSI di mana pemain harus tergabung dalam klub yang terafiliasi dengan PSSI. Harapan kita melalui Festival ini bisa terjaring talenta sepakbola muda di Kutai Barat dengan jenjang yang lebih jelas dan output juga jelas” ucapnya.

BACA JUGA :  Upacara Pergantian Jabatan: AKBP Heri Rusyaman dan Tradisi Gerbang Pedang Pora

Dia menjelaskan, sebagai operator bola PSSI Kubar juga bakal menggelar turnamen untuk kelompok umur mulai usai 13, 15 dan 17 tahun sebagai kelanjutan dari Festival U-10 dan U-12 tahun.

“Supaya semua kelompok umur lebih jelas arahnya. Nanti mereka bisa tampil di Piala Soeratin, piala Pertiwi, Porprov atau liga tiga,” ungkap Teddy.

Teddy menambahkan, PSSI Kubar juga menggelar pelatihan dan sertifikasi wasit serta pelatih agar mereka memiliki lisensi resmi PSSI.

“Kita menginginkan perangkat pertandingan juga memiliki lisensi resmi, makanya kita adakan pelatihan wasit yang sekarang juga lagi dilaksanakan di Kutai Barat,” katanya.

Sementara itu Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman berharap, event  seperti  ini bisa membangkitkan sepak bola di Kutai Barat. “Semoga bisa menghasilkan bibit-bibit atlet sepakbola muda yang berkualitas,” ujar Kapolres Kubar.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img