spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

298 Jemaah Haji Kloter 1 Debarkasi Balikpapan Tiba, 1 Orang Meninggal Dunia

BALIKPAPAN – Sebanyak 298 orang jemaah haji kloter pertama Debarkasi Balikpapan tiba di Kota Balikpapan dengan pesawat Garuda Indonesia, Sabtu (8/7/2023) sekitar pukul 02.30 WITA.

Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Balikpapan tahun 2023, Ahmad Ridani mengatakan, pada kedatangan kloter pertama ini terdapat satu orang jemaah yang meninggal dunia di tanah suci Mekah.

“Yang awalnya berangkat sebanyak 299 orang calon jemaah haji, tapi yang kembali sebanyak 298 orang jemaah haji. Satu meninggal,” ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad Ridani menjelaskan, untuk kloter pertama ini hampir 80 persennya merupakan jemaah yang lansia. Sehingga saat kembali ke tanah air banyak yang kelelahan dan harus mendapat perawatan kesehatan.

“Sebagian besar orangtua semua. Tadi ada satu yang langsung dimasukkan ke ambulans. Sementara lainnya dituntun dan menggunakan kursi roda,” jelasnya.

Meski banyak yang lansia dan mendapat perhatian khusus masalah kesehatannya, namun tak sedikit pula yang usai turun dari tangga pesawat tampak bahagia serta melaksanakan sujud syukur.

BACA JUGA :  Kejuaraan Provinsi Karate Junior FORKI Kalimantan Timur, Aries: Cari Bibit Atlet Potensial

Ahmad Ridani menambahkan, usai tiba di bandara SAMS Sepinggan Balikpapan para jemaah haji ini akan dibawa ke Embarkasi Haji Balikpapan untuk istirahat sejenak sambil dilakukan pembagian tas dan barang-barang bawaannya.

“InsyaAllah setelah ini istirahat dulu di Embarkasi Haji. Nanti siang baru dilepas ke keluarga masing-masing,” tambahnya.

Seperti diketahui, saat ini para jemaah haji sudah mulai kembali ke tanah air. Dan berdasarkan jadwal, kepulangan kloter kedua pada Minggu (9/7/2023) sekitar pukul 12.30 WITA. (bom)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img