20.282 Pendaftar Terima Beasiswa Pemprov Kaltim, Hari Ini Sudah Bisa Dicek

0
Pengumuman bisa dilihat melalui akun masing-masing melalui website https://www.kaltimtuntas.id/

SAMARINDA – Sebanyak 20.282 pendaftar dinyatakan lolos sebagai calon penerima beasiswa Kaltim 2020. Untuk selanjutnya, mereka yang lolos akan mendapat informasi melalui akun dan dashboard masing-masing.

Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas Iman Hidayat mengatakan, mereka yang lolos tersebut diumumkan dalam dua bagian. Tahap I yakni hari ini (15/10/2020) diumumkan sebanyak 8.634 pendaftar. Selanjutnya tahap II diumumkan pada 22 Oktober 2020 sebanyak 11.648 pendaftar

Dirinya menambahkan, untuk calon penerima beasiswa kategori tuntas, pembukaan rekening bank akan dilakukan oleh bank yang telah ditunjuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Sementara untuk calon penerima beasiswa kategori stimulan yang telah mendapatkan informasi lolos sebagai calon penerima beasiswa diwajibkan bagi yang belum mengisi nomor rekening, agar segera mengisi nomor rekening bank pada dashboard masing-masing pada website kaltimtuntas.id selambat-lambatnya tujuh hari setelah tanggal pengumumam masing-masing tahapan,” kata Iman.

Mereka yang telah mengisi nomor rekening bank, diminta agar memeriksa kembali dan memberikan konfirmasi melalui dashboard masing-masing pada website kaltimtuntas.id selambat-lambatnya 7 hari setelah tanggal pengumumam masing-masing tahapan.

Ini dilakukan karena pada pengumumam tahun-tahun sebelumnya terjadi salah pengisian nomor rekening,” ungkap Iman. Dia pun menyampaikan beberapa alasan yang menyebabkan adanya pendaftar yang dinyatakan tidak lolos dalam seleksi beasiswa 2020.

Pertama, pendaftar tidak mengunggah persyaratan yang diminta secara lengkap. Bisa juga disebabkan, karena pendaftar telah melengkapi berkas tetapi skoring nilainya di batas terendah skoring calon penerima beasiswa.

Kesalahan lain, pendaftar tidak mengunggah surat pernyataan sesuai formulir yang disediakan di website kaltimtuntas.id dan/atau tidak dibubuhi materai. Bisa juga karena data yang diinput pada website kaltimtuntas.id tidak sesuai dengan dokumen yang diunggah. Atau karena dokumen yang diunggah tidak valid atau dokumen yang diunggah tidak dapat dibaca dengan jelas atau kabur.

BACA JUGA :  Gaji Telat, Karyawan Kumpul di Gedung Utama, Badak LNG: Bukan Demo, Hanya Ketemu Pihak Terkait

Sebagai informasi, anggaran beasiswa Kaltim diambil dari APBD Murni dan Perubahan 2020. APBD Murni 2020 diperuntukkan bagi 8.634 orang pendaftar yang dinyatakan lolos dalam pengumuman tahap satu. Untuk kategori umum nilainya Rp 62.716.324.000, sementara kategori beasiswa mahasiswa miskin sebesar Rp 2.155.000.000.

Lebih lanjut untuk penganggaran beasiswa 11.648 orang pendaftar yang masuk dalam pengumuman tahap dua, akan menggunakan APBD Perubahan 2020. Untuk kategori umum Rp 96 miliar, kategori beasiswa miskin siswa sebesar Rp 2.405.000.000.

Untuk tahun ini, total pendaftar berjumlah 172.228, dimana setelah menjalani seleksi administrasi diputuskan sebanyak 151.946 dinyatakan tidak lolos. (red2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini