spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

2 SMK di Kukar Terima BKK dari Disnakertrans

TENGGARONG – Sebanyak 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kutai Kartanegara (Kukar), menerima surat tanda daftar Bursa Kerja Khusus (BKK) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans ) Kukar. Diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distransnaker Kukar, Muhammad Hatta.

Penyerahan yang dilaksanakan pada Kamis (5/10/2023) lalu ini, diterima oleh kepala SMKN 1 Samboja dan kepala SMKN 1 Muara Jawa. Sebelumnya ada sebanyak 8 SMK yang meminta tanda daftar untuk BKK. BKK inilah yang menjadi lembaga yang dibentuk di SMK, sebagai unit pelaksana memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja.

Kepala SMK membentuk itu supaya anak didik setelah selesai menempuh pendidikan, lulus sekolah diarahkan ke pekerjaan nanti. “Sekolah menggaet perusahaan yang ada di sekitar lembaga pendidikan SMK yang ada di masing-masing kecamatan,” jelas Hatta, Jumat (6/10/2023).

Hal ini juga mengikuti adanya perbup pelimpahan wewenang ke kecamatan, sehingga dengan adanya surat terdaftar ini maka SMK tersebut diperbolehkan membuka pelayanan kartu kuning atau kartu pencari kerja (AK-1).

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan, Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (P3K) Disnakertrans Kukar, Syarifah Rosita menjelaskan para pencari kerja yang berada dari kecamtan-kecamatan jauh itu tidak harus lagi jauh ke Kantor Disnakertrans Kukar cukup melalui BKK di SMK tersebut.

” Jadi alumninya khusus SMK tersebut bisa didata, tapi tidak melayani SMA, karena bursa kerja khusus ini untuk SMK,” ucapnya.

Dirinya menyebut surat tanda daftar yang diberikan juga akan dilakukan revisi. Jika kemudian hari ada perubahan atau pergantian kepala sekolah. ” Harus lapor ke kami, maka surat tadi akan kami rubah lagi,” tambahnya.

Kepala SMK Negeri 1 Samboja, Syafril usai menerima surat tanda daftar ini berharap bisa membantu alumni sekolahnya untuk mempercepat memperoleh pekerjaan.

“Insya Allah dengan diterbitkannya surat tanda daftar, maka SMK Negeri 1 Samboja bisa bisa memgeluarkan kartu kuning, sehingga penelusuran bisa lebih mudah. Karena kami sudah bisa melacak yang kerja atau tidak,” pungkasnya. (adv)

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img