spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

125 Pelamar di Mahulu Berkesempatan Ikuti Tes PPPK Guru

MAHAKAM ULU – Sebanyak 125 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mengikuti seleksi kompetensi jabatan fungsional guru yang telah dijatahkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB)

Kegiatan tes tersebut dipusatkan di SMKN 1 Sendawar, Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak, Kabupaten Kutai Barat pada Jumat (10/11/2023).

Kepala BKPSDM Wenefrida Kayang, menyampaikan bahwa seleksi PPPK tahun 2023 ini diprioritaskan untuk formasi kesehatan dan guru. Akan tetapi untuk wilayah Mahulu, KemenPANRB hanya memberikan jatah kuota formasi untuk guru sebanyak 127 orang saja.

“Dalam pelaksanaan seleksi PPPK guru, peserta yang terdaftar untuk mengikuti ujian seleksi terdapat 127 pelamar. Akan tetapi terdapat 1 orang yang dinyatakan gugur karena tidak hadir , dan juga terdapat 1 orang yang akan mengikuti ujian seleksi pada tanggal 2 Desember 2023 di BKN Pusat Jakarta. Dikarenakan pada saat pemilihan lokasi tempat ujian, peserta tersebut memilih lokasi ujian di BKN Pusat tetapi masih masuk dalam formasi wilayah Mahulu,” terangnya, Jumat (10/11/2023).

Selain itu dia menyebutkan bahwa tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti ujian seleksi. Hanya ada persyaratan batasan umur maksimal 60 tahun dan dinyatakan masih bisa untuk mengikuti seleksi ujian PPPK Jabatan Fungsional Guru.

“Satu tahun sebelum pensiun boleh ikut. Kalah  guru umur 60 tahun silakan saja diberikan kesempatan,” terangnya

Dia mengharapkan, agar seluruh peserta yang mengikuti ujian seleksi PPPK guru supaya dapat lulus semua. Dan juga diharapkan agar para peserta seleksi ini dapat mengembangkan kualitas dirinya dengan mengikuti bimbingan belajar atau diklat sesuai dengan kompetensinya. Hal ini demi meningkatkan sumber daya manusia Mahulu yang lebih maju.

“Harapannya kita untuk di Kabupaten Mahakam Ulu, terutama untuk para peserta itu harus lulus semua. Dari  jumlah yang ada setiap tahunnya harus meningkat untuk kelulusannya, kalau bisa harus lulus semua,” pintanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional 8 BKN Banjar Baru, Bagus Adi Noegroho,  menjelaskan bahwa untuk seleksi PPPK di Kaltim saat ini memfasilitasi ujian seleksi di formasi Guru, Nakes dan Teknis. Khusus untuk wilayah Mahakam Ulu hanya di formasi guru dan dilaksanakan pada hari ini dengan 1 kali sesi.

“Untuk Mahakam Ulu formasinya baru guru saja. Karena yang diperlukan hanya guru saja, makanya hari ini kita laksanakan sesi pertama,” ungkapnya.

Penulis : Ichal
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img