spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

100 Pembalap Ramaikan Balap Ketinting di Tenggarong

TENGGARONG – Dalam rangka meramaikan Pesta Erau Adat Kutai tahun 2022, Persatuan Olahraga Ketinting Kutai Kartanegara (POK Kukar) kembali menggelar balap ketinting.

Salah satu olahraga kearifan lokal Kukar ini, digelar selama dua hari pada 30 September dan 1 Oktober 2022, di Dermaga Pulau Kumala, Jalan Ahmad Muksin, Kelurahan Melayu.
Total sebanyak 120 peserta bakal
meramaikan balap yang mempertandingkan kelas 6-7 paardenkracht (PK) atau tenaga kuda dan 13-18 PK. Selain berasal dari Kecamatan Sangasanga, Muara Badak, Muara Wis, Muara Kaman, peserta juga datang dari Kutai Barat (Kubar).

“Kita cari 12 pemenang, masing-masing kelas 6 juara,” kata Ketua POK Kukar, Asdar, Jumat (30/9/2022).

Asdar menyebutkan, POK rutin melaksanakan balapan ketinting di beberapa tempat di Kukar. Langkah ini tak lepas dari dukungan penuh dari dinas terkait, untuk mewujudkan agar balap air menjadi kearifan lokal ini Kukar.

Sementara itu Sultan Aji Muhammad Arifin yang ikut menyaksikan perlombaan, menyebut, balap ketinting sudah menjadi tradisi di Kukar. Dari zaman bahari hingga kini tidak bisa ditinggalkan.

BACA JUGA :  Pengen Punya Motor, Remaja di Muara Jawa Nekat Gondol Sepeda Motor Matik

“Baik olahraga maupun budayanya harus ditingkatkan, jadi dengan adanya olahraga ini masyarakat antusias menonton,” ungkap Sultan Aji Muhammad Arifin.
Dia mengharapkan balapan seperti ini bisa terus dijaga, agar tidak hilang sebab sejak dahulu ketinting menjadi alat transportasi asli.

Ketinting atau alat transportasi air dengan mesin diesel ukuran kecil, digunakan masyarakat Kutai untuk menyeberangi sungai ke desa atau daerah terpencil lain. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img