spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

1 Februari Sa’bani Pensiun, Mantan Pj Wali Kota Bontang Diusulkan Jadi Pj Sekda Kaltim 

SAMARINDA – Pemprov Kaltim telah menyiapkan penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Kaltim bila hingga akhir Januari 2022, Presiden Joko Widodo belum menetapkan nama Sekprov Kaltim definitif. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim Riza Indra Riadi, dilaporkan sudah diusulkan untuk menjabat Pj Sekprov Kaltim.

Hal tersebut diambil sebagai langkah antisipasi apabila hingga 31 Januari 2022, Tim Penilai Akhir (TPA) belum memberi rekomendasi ke Presiden nama yang akan menjabat Sekprov Kaltim. Pasalnya, pada 1 Februari 2022, Mohammad Sabani yang kini menjabat Sekprov Kaltim akan memasuki masa pensiun.

Dikonfirmasi, Mohammad Sabani Sekprov Kaltim mengatakan bahwa usulan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri). Ia membenarkan bahwa Riza Indra Riadi adalah nama yang diusulkan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, untuk menghindari adanya kekosongan jabatan dalam pemerintahan Provinsi Kaltim.

Sosok Riza dinilai pantas untuk menjabat Pj Sekprov Kaltim karena sudah lama menjabat sebagai ASN di lingkungan Pemprov Kaltim dan belum memasuki masa pensiun. Sebelumnya Riza juga pernah ditunjuk sebagai Penjabat Wali Kota Bontang saat mengisi kekosongan kepala daerah yang ‘bertarung’ pada Pilkada Bontang 2019.

BACA JUGA :  Anak Bosan, Orangtua Bingung, Guru Tertekan, Setahun Terpaksa Belajar Daring Akibat Corona

“Iya sudah diusulkan ke Kemendagri, yang diusulkan satu nama cukup. Kita tidak bisa memastikan kapan penetapan Sekprov Kaltim definitif oleh Presiden. Kalau 31 Januari belum ada, maka dilantik Pj dulu,” terangnya, Kamis (20/1/2022).

Sabani mengatakan, usulan Pj Sekprov bertujuan agar hak dan wewenangnya sama dengan Sekprov definitif. Berbeda jika pelaksana tugas (Plt) yang kewenangannya sangat terbatas.

Ia menambahkan bahwa proses pelantikan Pj Sekprov harus menunggu persetujuan dari Kemendagri terlebih dahulu, sebelum pada akhirnya dilantik oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Nanti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melakukan persetujuan dan memberikan SK lalu Gubernur melantik Pj tersebut, itu akan dilakukan sementara menunggu Perpres tentang siapa Sekdaprov yang akan dipilih Presiden dari tiga nama itu,” ucapnya.

Pada Senin (17/1/2022), Gubernur Kaltim Isran Noor telah menyerahkan tiga nama calon Sekprov Kaltim ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Tiga nama tersebut yakni Diddy Rusdiansyah (Kepala BKD Kaltim, Ismiati (Kepala Bapenda Kaltim) dan Sri Wahyuni (Kepala Dinas Pariwisata Kaltim).(eky/adv)

BACA JUGA :  Tajir Melintir Pengusaha Batu Bara Illegal, Sebulan Untung Rp 700 Juta, Aman karena Bayar Biaya Koordinasi
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img