spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jalan Berau-Kutim Dipangkas, Dukung Pergerakan Ekonomi Masyarakat Pesisir

TANJUNG REDEB – Kampung Teluk Sumbang Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau bakal terhubung dengan wilayah Landas Kecamatan Kutai Timur atau dikenal dengan Jalan Sinondok-Landas. Karena, nantinya jalan tersebut akan dipangkas 7 km dari ruas jalan yang ada saat ini.

Staff Teknis Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Dzulqarnain menjelaskan, hal itu sebagai upaya peningkatan konektivitas jalan di Berau, terlebih menghubungkan Berau dan Kutai Timur.

Pekerjaan akses jalan Sinondok-Landas bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Timur dan Bantuan Keuangan Provinsi Kaltim.

Pembangunan jalan Sinondok-Landas tersebut juga memperhitungkan kenyamanan pengguna jalan, yang mana mayoritas merupakan masyarakat Biduk-Biduk yang mengantar ikan segar.

“Jadi jalan nanti dibuat dengan meminimalisir tikungan tajam dan kelokan curam. Sehingga berdampak kepada meningkatnya perekonomian di daerah sekitarnya,” ujarnya.

“Jadi karena kita motong gunung, perbaikan geometri di dalam sisanya ada perubahan geometri jalan menghindari tikungan tajam dan kelokan curam mudahan nantinya kalau sudah aspal tidak perlu belok,“ lanjutnya.

Pihaknya sendiri dari DPUPR Berau juga terus melakukan pengusulan. Kini hanya menunggu pemerintah yang memastikan apakah akan masuk atau tidak dalam penganggaran. Untuk saat ini sudah 7 km jalan yang sudah terhubung pada tahun lalu dengan hanya membuka saja.

BACA JUGA :  Bupati Sri Juniarsih Ajak Masyarakat Penuhi Kewajiban Membayar Zakat

“Untuk tahun ini kita timbun diperbaikan juga, kalau kemarin itu kita buka aja hutan itu,” ujarnya.

Tahun ini sendiri, pihaknya akan memulai perbaikan dan penimbunan yang disesuaikan dengan tinbkat kenyamanan pengguna jalan. Sehingga nantinya kenyamanan saat diaspal sesuai standar yang ada.

“Tahun ini anggaran kurang lebih Rp 55 dan sudah dimulai dari tahun lalu upayanya,” pungkasnya. (mnz)

Pewarta : Amnil Izza.  Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.