spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Satlantas Polres Kukar Mulai Berlakukan Lintasan Baru Uji SIM C

TENGGARONG – Satlantas Polres Kukar, selama dua hari ini, secara resmi menerapkan pola baru dalam uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) roda 2 atau SIM C. Yakni mengganti pola angka 8 dan zig-zag dengan menjadi pola Letter U, Letter S dan trek lurus. Ini dianggap menjadi lebih mudah dibandingkan lintasan sebelumnya.

“Dengan adanya perubahan uji SIM praktik R2 hasil dari kajian dan evaluasi atas perintah Kapolri dan Korlantas (Polda Kaltim),” ungkap Kasatlantas Polres Kukar, AKP Reza Pratama Rhamdani Yusuf, pada mediakaltim.com, Selasa (8/8/2023).

Lanjut Reza, total ada empat lintasan yang menjadi trek pengujian yang dijadikan satu. Yakni diawali start dan kemudian dilanjutkan dengan reaksi berhenti. Kemudian letter S dan U-turn. Empat bagian ini menjadi satu rangkaian, dan sudah melalui kajian berdasarkan kondisi di jalan raya.

“Di situ akan dites bagaimana pengendara menaiki kendaraan sebaik mungkin. Ini (tes) simpel tetapi mewakili kondisi lapangan (jalan raya),” lanjut Reza.

Ia pun menyebut, menyiapkan waktu khusus bagi masyarakat untuk bisa melakukan latihan secara mandiri. Yakni ketika pelayanan pembuatan sudah selesai, atau pun pada sore hari. Petugas siap memberikan coaching clinic secara gratis untuk masyarakat.

BACA JUGA :  Gara-gara Main Game Online Sambil Cas HP, Pemuda di Kukar Tewas Tersengat

“Tinggal bawa motor sendiri, karena tidak wajib menggunakan motor dari lantas. Karena saat ini uji praktik sudah sangat diakomodir oleh Polri sehingga lebih mudah dari sebelumnya tanpa mengurangi kemahiran atau keawasan pengendara di jalan,” tutupnya. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.