spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tak Ada Hentinya, Karhutla Kembali Terjadi di Labanan Makarti

TANJUNG REDEB – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kampung Labanan Makarti, Senin (7/8/2023) sekira pukul 13.30 Wita.

Danru Pos Dalkarhutla Labanan, Dwi Susilo mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat sekitar pukul 14.10 Wita dan jajaran pemadam kebakaran tiba di lokasi sekira pukul 14.30 Wita.

“Kebakaran lahan di Kampung Labanan Makarti ini seperti tidak ada hentinya, saya harap di musim kemarau seperti ini jangan ada oknum yang membuka lahan dengan cara membakar,” ungkapnya kepada mediakaltim.com.

Dia memaparkan, si jago merah berhasil melahap lahan seluas kurang lebih 3 hektare. Beruntung di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) tidak ada rumah masyarakat.

“Tidak ada rumah yang terbakar dan korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.

Dirinya menyebut, lahan seluas 3 hektare yang menjadi amukan api berstatus milik masyarakat. Mengenai kerugian, kata Dwi, belum diketahui secara pasti.

“Dalam memadamkan api, kami hanya menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

Dwi membeberkan, pihaknya sedikit kesulitan dalam menjinakkan si jago merah. Pasalnya, di TKP terdapat semak belukar, pepohonan serta akses jalan yang sempit.

BACA JUGA :  30 Penyandang Disabilitas di Berau Dapat Bantuan Kursi Roda hingga Kaki Palsu

“Tetapi berkat bantuan tim terkait serta masyarakat api berhasil kami padamkan,” imbuhnya.

Kendati demikian, dirinya berharap ada penambahan personel pemadam kebakaran. Sebab, saat ini personel yang ada jumlahnya sangat terbatas. “Semoga menjadi perhatian, apalagi di Posko Labanan ini tidak ada istirahat karena kebakaran terus terjadi,” pungkasnya. (dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti