spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

21 Bangunan Ludes Terbakar di Desa Sungai Payang, Kerugian Capai Rp 3 Miliar

TENGGARONG – Kebakaran hebat terjadi di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar). Tepatnya di RT 4 dan RT 5 Jalan M Arsid AK, Dusun Sentuk, Desa Sungai Payang, pada Selasa (1/8/2023) sekitar pukul 21.15 WITA. Kejadian mengakibatkan 18 bangunan habis dilalap api, sementara 3 bangunan terdampak berat.

Berdasarkan laporan yang didapat dari Polsek Loa Kulu, yakni 16 bangunan rumah warga tinggal menjadi arang, sementara 3 bangunan rusak berat. Ditambah 2 bangunan garasi mobil dan 1 kantor Puskesmas Pembantu (Pusban) Desa Sungai Payang. Termasuk satu unit sepeda motor milik warga ikut terbakar.

Lokasi yang padat penduduk dan sebagian besar bangunan berstruktur kayu, membuat api dengan cepat merambat dan membesar. Ditambah lokasi kejadian yang sangat jauh. Bahkan warga berjuang selama 1 jam untuk memadamkan api dengan alat seadanya. Yakni menggunakan mesin Alkon milik warga.

“Warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya menggunakan air PDAM,” ungkap Kapolsek Loa Kulu, AKP Rachmat Andika Prasetyo.

Andika melanjutkan, api berasal dari rumah warga bernama Agus Saputra. Saat kejadian awalnya korban sedang berbelanja di salah satu warung di Desa Sentuk. Ia pun terperanjat, setelah anak-anak sekitar rumahnya berteriak ada kebakaran. Agus pun langsung pulang dan memang mendapati api sudah berada di atap plafonnya.

BACA JUGA :  Buntut Tahanan Balikpapan Kabur, Polres Kukar Razia Ruang Tahanan

“Karena kobaran api semakin membesar, korban langsung berteriak minta tolong kepada warga sekitar,” lanjut Andika.

Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab timbulnya api. Dan masih terus diselidiki oleh Polsek Loa Kulu. Total sebanyak 27 Kepala Keluarga (KK) dan 72 jiwa menjadi korban. Dengan kerugian material diperkirakan mencapai Rp 3 miliar.

“Untuk saat ini para korban mengungsi kerumah keluarga masing-masing yang ada di Desa Sungai Payang,” tutup Andika. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.