spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Proyek Penaham Ombak di Biduk-Biduk, Pemprov Kaltim Anggarkan Rp 17 Miliiar

BERAU – Jika di tahun 2021 dan 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah membangunkan penahan ombak di Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau sebanyak 7 lokasi.

“Tahun ini, kembali ada 7 lokasi dibangunkan penahan ombak,” sebut Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, didampingi pelaksana kegiatan Cherry, Jumat (21/7/2023) lalu.

Pengamanan Pantai Biduk-Biduk berupa penaham ombak lanjutnya, kembali dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kaltim di tahun 2023 untuk 7 titik dengan nilai anggaran sebesar Rp17 miliar bersumber dari APBD Provinsi Kaltim tahun anggaran 2023.

Dijelaskannya, selama kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah memberikan perhatian besar bagi warga Kecamatan Biduk-Biduk.

Di antaranya, proyek infrastruktur pengamanan pantai atau penahan ombak di kawasan Pantai Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, bersumber dari alokasi APBD Provinsi Kaltim.

Di mana, pada tahun 2021 telah dikerjakan di tiga titik, yakni Pantai Harapan ada dua titik masing-masing sepanjang 100 meter dan Labuan 50 meter.

Sementara tahun 2022, terdapat empat titik, yakni Batu Dua sepanjang 50 meter, Labuan Kelambu sepanjang 50 meter, Biduk-Biduk (depan Polsek) panjang 274 meter dan Pantai Biduk-Biduk panjang 80 meter.

BACA JUGA :  Besok, Operasi Pasar Minyak Goreng di Samarinda, Selanjutnya Daerah Lain

“Total 7 titik dua kegiatan senilai Rp12,1 miliar, terdiri ada 3 titik 2021 senilai Rp4,7 miliar, dan tahun 2022 terdapat 4 titik senilai Rp7,4 miliar,” sebutnya.

Penahan ombak menurut dia, sangat penting dibangunkan mengingat tekanan gelombang air laut yang semakin kuat, sehingga mengakibatkan abrasi kawasan pantai dan daratan.

Kondisi abrasi ungkapnya, setiap tahunnya semakin besar dan meluas ke beberapa lokasi, selain pantai juga menggerus pemukiman penduduk dan badan jalan.

“Kondisi ini menjadi perhatian Bapak Gubernur, agar bagaimana masyarakat di pesisir Biduk-Biduk ini aman dan tercegah dari abrasi oleh gelombang air laut,” ujarnya. (adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.