spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Optimis Kasus Stunting di Berau Turun 14 Persen

TANJUNG REDEB – Presentase kasus stunting di Kabupaten Berau yakni 21,6 persen pada 2022 lalu. Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau kembali menargetkan penurunan kasus stunting hingga mencapai 14 persen pada 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Berau, Rabiatul Islamiyah menyebut, kasus stunting pada 2021 lalu cukup menjadi perhatian, yakni 25,9 persen. Ia optimis angka tersebut bisa terus turun tahun ini, hingga berhasil mencapai target 14 persen secara nasional.

Beberapa langkah percepatan yang dilakukan pihaknya meliputi, kolaborasi lintas sektor hingga dengan pihak ketiga. Serta, melakukan pendataan secara tepat dan nyata.

Di mana tahun ini telah ditetapkan 16 lokasi khusus (lokus) stunting di Kabupaten Berau. Yang telah dilakukan pendataan dan verifikasi langsung.

“Penanganan stunting dibagi di masing-masing OPD dengan tugas dan fungsinya,” ucapnya.

DPPKBP3A sendiri telah melakukan pencegahan dan digalakkan sejak pra nikah atau program 1.000 hari sebelum kehamilan. Sejak remaja, perempuan harus diberikan suplemen penambah darah.

BACA JUGA :  Stok Gas Melon di Berau Terpantau Aman

Di sisi lain, tercatat sebanyak 510 orang yang terbagi dalam 170 tim pendampingan pencegahan stunting (TPPS) yang memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Berau.

“Dengan edukasi yang masif dan pendampingan yang konsisten, masyarakat bisa paham bagaimana memenuhi kebutuhan gizi anak sehingga bisa terhindar dari stunting,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi geografis yang ada di Kabupaten Berau sebenarnya menjadikan Berau kaya dengan sumber daya pangan yang cukup untuk pemenuhan gizi anak. Seperti, di wilayah pesisir yang kaya akan lautnya. Sehingga, para orangtua diharapkan bisa melirik bahan makanan yang baik bagi tumbuh kembang anak. (mnz)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img