spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Hadiri Pesta Adat Uman Undad, Tradisi Turun Temurun Kampung Tepian Buah

TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniasih menghadiri Pesta Adat Budaya Uman Undad di Kampung Tepian Buah Kecamatan Segah. Pesta tersebut sebagai rasa syukur kepada yang maha kuasa atas panen raya tahun ini.

Sri menyampaikan apresiasi dan penghargaan untuk warga dan petani di Kampung Tepian Buah atas suksesnya panen tahun ini. Meski sedang berada dalam cuaca yang ekstrem, tetapi para perani disini mampu berproduktifitas berupaya memenuhi ketahanan pangan bagi masyarakat Berau.

“Dan hari ini kita sama-sama melaksanakan Uman Undad yang merupakan wujud kegembiraan atas hasil panen yang dihasilkan dan dirasakan tahun ini berdampak kepada masyarakat,” ungkapnya, Selasa (4/7/2023).

Uman Undad menjadi upaya dalam merawat adat istiadat dan kebudayaan asli dari Dayak Kenyah di Kabupaten Berau. Bentuk kebersamaan dan kekompakan masyarakat.

“Ini menunjukkan hal yang luar biasa, lersatuan dan kesatuan Suku Dayak di Berau sangat luar biasa,” katanya.

Sri berharap acara Uman Undad terus dilaksanakan dan mampu memberi manfaat. Karena salah satu wujud pelestarian budaya di Berau.

BACA JUGA :  Maju Sebagai Bacalon Wakil Bupati, Agus Uriansyah Siap Berkontribusi Demi Kabupaten Berau

Dikatakannya, pertanian merupakan sektor unggulan. Disadarinya Berau memiliki potensi pertananian dan perkebunan yang luar biasa dan sangat potensial untuk dikembangkan.

Sehingga Pemkab Berau memberikan perhatian khusus bagi sektor pertanian dengan melalui pemberian stimulan dan mewujudkan sektor pertanian perkebunan dan perternakan yang maju berbasis teknologi.

Ia juga mendorong peran dinas terkait untuk memonitoring para petani di Tepian Buah agar terus produktif serta hasil panennya semakin berkualitas dan berdaya saing.

“Apalagi Berau yang menjadi penyangga IKN ke depan, sangat memerlukan kesiapan kita untuk menangkap peluang seluas-luasnyanya termasuk pada sektor pangan,” paparnya. (iza/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img