spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cuti Bersama Iduladha, Daftar Ulang PPDB di Paser Ditunda  

PASER – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023 di Kabupaten Paser terpaksa diundur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser lantaran waktunya bersamaan dengan cuti bersama hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

“Sesuai jadwal awal, pendaftaran ulang mulai dilaksanakan pada 28-30 Juni. Namun karena bersamaan dengan cuti bersama, maka diundur menjadi 3-5 Juli 2023,“ kata Kepala Disdikbud Kabupaten Paser, M. Yunus Syam, Senin (26/6/2023).

Yunus menjelaskan, PPDB tahap pendaftaran sudah selesai dilaksanakan pada 19-23 Juni 2023 lalu dan sekarang sudah memasuki tahap daftar ulang. Dalam PPDB ini, kata dia, ada empat jalur penerimaan yakni jalur affirmasi, perpindahan, prestasi, dan zonasi.

Dikemukakannya, pengelompokan penerimaan PPDB dilakukan untuk mengakomodir siswa yang ingin mendaftar melalui jalur berbeda. Sehingga kalau tidak diterima lewat prestasi, bisa lewat zonasi, dan sebagainya.

Yunus menjelaskan, pada pelaksanaan PPDB setiap sekolah, menggunakan dua model yakni dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline). Baik daring maupun luring, Disdikbud Kabupaten Paser tetap melakukan pendampingan orangtua siswa untuk membantu mengatasi kendala saat pendaftaran.

BACA JUGA :  Kurangi TPS, DLH Kabupaten Paser Upayakan Ubah Pengelolaan Sampah

“PPDB luring dilakukan guna mengatasi kendala teknis yang tidak bisa diatasi dalam sistem,” katanya.

Menurutnya, pendaftaran melalui daring dilakukan sebagai bentuk transparansi dalam penerimaan peserta didik baru. Sementara pendaftaran secara luring dilakukan jika terjadi kendala server atau kendala lain.

“Kami berpegang pada ketentuan undang-undang bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Jadi baik pendaftaran melalui daring maupun luring tetap dilayani,” kata Yunus. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img