spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

4.940 Calon Mahasiswa Asal Kaltim Lolos Seleksi Jalur SNBT

JAKARTA – Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)  mengumumkan bahwa sebanyak 223.217 pendaftar dari total pendaftar sejumlah 803.852 orang dinyatakan lolos seleksi jalur SNBT.

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Mochamad Ashari mengungkapkan, dari jumlah total yng dinyatakan lolos seleksi tersebut, 80.896 orang di antaranya merupakan pendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP ) Kuliah dan 149 pendaftar difabel.

“Jumlah pendaftar yang diterima pada SNBT  2023  tersebut didasarkan pada kuota minimum 40 persen dari seluruh daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain PTN BH dan kuota minimum 30 persen  dari seluruh daya tampung pada PTN BH.  Jumlah total daya tampung yang tersedia sebanyak 259.635 kursi yang tersebar  di 75 PTN ( universitas/institut), 18 PTKIN (UIN)  dan 43 PTN Vokasi se-Indonesia,” terang Ashari dalam  konferensi pers di Aula Kemendikbudristek, Selasa (20/6/2023).

Menariknya, dari paparan yang ditampilkan oleh tim pelaksana SNPMB  kali ini juga dibeberkan jumlah pendaftar dari masing-masing provinsi. Untuk provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tercatat ada sebanyak 14.368 pendaftar dan yang diterima sebanyak 4.940 orang dengan tingkat keketatan 34,38 persen.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Minta Masyarakat dari Beragam Etnis Hidup Harmonis di IKN

“Jumlah pendaftar yang lulus SNBT 2023 ini telah melalui proses yang dimulai dari pendaftaran, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang kemudian diseleksi melalui hasil UTBK dan kriteria lainnya,” jelas Ashari.

Adapun dibeberkan pula 10 PTN dengan pendaftar terbanyak adalah Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Surabaya.

Selain itu 10 Program Studi (Prodi) terketat  antara lain Ilmu Komunikasi (UNJ), Teknologi Informasi (UNY), Kriminologi (UI), Pendidikan Teknik Informatika (UNY), Bisnis Digital (UNS), Sistem dan Teknologi Informasi (UNJ), Teknik Pertambangan (UNP), Kedokteran (UGM), Teknologi Informasi UGM) dan Kedokteran Gigi (Undip).

“Kepada pendaftar yang lulus kami ingatkan agar segera mengetahui jadwal pendaftaran uoang calon mahasiswa baru di laman PTN masing-masing. Bagi peserta yang tidak lulus atau belum diterima jangan berputus asa dan tetap semangat. Karena masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi Jalur Mandiri yang digelar oleh beberapa PTN,” pungkasnya. (cha)

BACA JUGA :  Capai Tahap Topping Off 40 Tower ASN, Ridwan Kamil: Ini Pencapaian Pembangunan IKN yang Luar Biasa
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.