spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inilah 4 Calon Anggota Bawaslu Kaltim, Ada Wakil Perempuan dan Semua Punya Latar Belakang Penyelenggara Pemilu

SAMARINDA – Masa pengumuman mendekati batas terakhir, dan akhirnya Tim Seleksi (Timsel) mengumumkan empat calon terbaik yang berhasil lolos ke tahap selanjutnya dalam Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim.

Melalui pengumuman resmi yang ditandatangani oleh Ketua Timsel DR Saipul SSos MSi dan Sekretaris Timsel Dr Rahmawati SE MM, 4 calon Anggota Bawaslu Kaltim dinyatakan lolos seleksi wawancara dan tes kesehatan.

Mereka adalah Siti Akhlis Muafin, Danny Bunga, Rudiansyah, dan Daini Rahmat.

Para calon tersebut diketahui memiliki latar belakang di bidang penyelenggara pemilu. Baik di Bawaslu maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Siti Akhlis Muafin, yang saat ini mewakili satu-satunya perempuan masih menjabat sebagai Anggota Bawaslu Kutai Timur (Kutim). Demikian pula Rudiansyah memiliki pengalaman menjabat sebagai Ketua KPU Kaltim selama dua periode.

Selanjutnya, Daini Rahmat saat ini masih menjabat sebagai Anggota Bawaslu Samarinda. Sedangkan Danny Bunga, yang masih menjabat sebagai koordinator penghubung Komisi Yudisial Kaltim, pernah bertugas sebagai anggota Panitia Pengawas Kecamatan di Kota Samarinda.

BACA JUGA :  Dua Hari Dicari, Tubuh Irsal Ditemukan 800 Meter dari Jembatan Mahkota II

Ketua Timsel, Saipul, mengakui baru menerima hasil review dari Bawaslu RI sehingga pihaknya baru bisa mengumumkan 4 besar, Selasa (14/6) malam ini. “Ini tidak melanggar pedoman dalam seleksi Anggota Bawaslu, karena waktunya belum sampai pukul 23.59 WITA,” ujar Saipul, Selasa (14/6) pukul 23.16 WITA.

Selanjutnya, keempat calon terpilih ini akan menjalani fit and proper test yang akan dilakukan oleh Komisioner Bawaslu RI.

Tes tersebut merupakan tahapan terakhir dalam proses seleksi untuk menentukan 2 orang yang akan dipilih menjadi anggota Bawaslu Kaltim periode 2023-2028.

Mereka ini akan melengkapi komposisi 5 Anggota Bawaslu Kaltim, karena saat ini sudah ada 3 anggota Bawaslu Kaltim periode 2022-2027. Yakni Hari Dermanto, Galeh Akbar Tanjung dan Wamustofa Hamzah. (MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img