spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sempat Alami Kejadian Aneh, Akhirnya Kakek yang Hilang di Hutan Ditemukan

TENGGARONG – Kusno, kakek berusia 68 tahun yang tersesat di KM 29 Hutan Kelurahan Karya Merdeka, Samboja, sejak Minggu (11/6/2023) malam, akhirnya ditemukan. Kusno ditemukan dengan kondisi selamat, meski saat didapati dalam kondisi lemah akibat  kelelahan di dalam hutan selama 3 hari.

“Tim SAR Gabungan menemukan korban atas nama Bapak Kusno dalam keadaan selamat sejauh 3,76 km arah barat laut dari LKP,” ungkap Kepala Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta, Selasa (13/6/2023).

Selama 3 hari pencarian, Kusno hanya mengandalkan minum untuk bertahan diri. Yakni memanfaatkan kubangan air yang ia temui, saat berusaha mencari jalan keluar tanpa mendapatkan asupan makanan sedikitpun.

Kondisi Kusno pun terlihat lemah, meski masih bisa berjalan. Tim pun langsung memberi Kusno makan dan minum, hingga akhirnya segar kembali. “Memanfaatkan air dari kubangan-kubangan yang dia minum, walaupun kotor tetap diminum,” ujar Komandan Regu Pencarian Basarnas Kaltim, Rhamadhani.

Korban pun ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan mencari jalan keluar. Segala upaya pun dilakukan Tim SAR gabungan, salah satunya dengan melakukan penyisiran dan menggunakan pesawat tanpa awak. Pasca ditemukan pun, Kusno langsung dibawa ke pos dan diserahkan kepada keluarga.

Kusno (68) saat dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dari Hutan Kelurahan Karya Merdeka, Samboja. (Basarnas Kaltim)

“Korban mengaku sempat putar-putar di dalam hutan, jadi gak bisa keluar,” lanjut Rhamadhani.

Sementara itu, Kusno yang tersesat selama 3 hari di dalam hutan pun mengalami hal yang ganjil atau aneh. Dalam potongan video yang menampilkan Kusno bersama tim SAR gabungan, mengatakan saat di malam hari ia menghilang ia mendapati jalan yang luas dan lapang. Hingga ia memutuskan untuk mengikuti jalan tersebut agar menemukan jalan keluar.

Tapi hingga pagi hari, tak kunjung keluar dari lokasi. Bahkan yang membuat sedikit terkejut, jalan luas dan bersih yang ia lewat saat malam hari, rupanya jalan yang dipenuhi semak belukar.

“Namanya hutan kan gak tahu, sudah jalan belok-belok eh malah balik ke jalan yang tadi. Yang malam-malam itu ada jalan (lebar) 3 meter panjang bersih betul jadi saya lewat. Begitu pagi tinggi rumputnya, pohon sengonnya juga zig zag, siangnya saya cari jalannya udah gak ada,” ujar Kusno.

Sebelumnya diketahui, Kusno bersama 3 rekannya pergi untuk kamping di di KM 29 Hutan Kelurahan Karya Merdeka, Samboja, pada Sabtu (10/6/2023) sekitar jam 16.00 WITA. Saat akan kembali pada Minggu (11/6/2023) sore, salah satu rekannya terpisah dari rombongan. Saat itu, Kusno mencoba mencari keberadaannya, hingga malah dirinya yang harus tersesat dan baru ditemukan 3 hari kemudian. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti