spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Danau Gentung Temiang Diwacanakan Jadi Venue Dayung

PASER – Persatuan Olaharaga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Cabang Kabupaten Paser usulkan Danau Gentung Temiang, Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot dijadikan venue cabang olahraga (cabor) dayung.

Usulan itu dilontarkan untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2026. Apalagi Kabupaten Paser sudah ditetapkan sebagai tuan rumah. Adapun usulan itu, mengingat Sungai Kandilo yang selama ini dijadikan tempat latihan sudah tidak memenuhi syarat digunakan.

Ketua PODSI Kabupaten Paser, Ikhwan Antasari menyatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisara (Disporapar) Kabupaten Paser untuk memanfaatkan Danau Gentung Temiang sebagai lokasi even cabor dayung.

“Sebenarnya ada dua yang kami usulkan untuk menjadi venue cabor dayung yaitu Danau Gentung Temiang serta Danau eks BHP di Tahura Lati Petangis tapi jauh dari perkotaan,” kata Ikhwan Antasari.

Jika usulan tersebut diterima, kata Ikhwan, maka pihaknya yakin masyarakat antusias menonton atlet dayung yang sedang latihan dan ketika ada even di lokasi tersebut akan banyak disaksikan wisatawan.

BACA JUGA :  Dua Paslon di Paser Lanjut Pemeriksaan Kesehatan ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo

Ikhwan berharap usulan venue ini dapat disetujui oleh Pemkab Paser, karena menggunakan venue Sungai Kandilo tidak disetujui oleh Pemprov Kaltim saat Paser menjadi tuan rumah Porprov.

“Sebab hampir semua daerah di Kaltim menggunakan danau atau waduk sebagai venue cabor dayung lantaran airnya tenang,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Disporapar Paser, Muhsin Palinrungi, ia menilai,  Sungai Kandilo sudah tidak layak digunakan untuk even sekelas Porprov sehingga sudah saatnya venue dayung dipindahkan ke Danau Gentung Temiang.

“Saya melihat Danau Gentung Temiang sudah memenuhi syarat namun perlu dibenahi dulu karena mengalami pendangkalan. Usulan ini akan kita upayakan melalui APBD 2023 untuk pengerukan,” kata Muhsin. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img