spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sering Masuk Permukiman Warga, BKSDA Kaltim Selamatkan Induk dan Anak Orang Utan di Muara Wahau

KUTAI TIMUR – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim berhasil menyelematkan iduk dan anak orang utan di kawasan Jalan Poros Sangatta – Simpang Persau – Muara Wahau pada Selasa (30/5/2023) lalu. Penyelamatan ini merupakan tindak lanjut dari  laporan masyarakat terkait adanya orang utan yang kerap berkeliaran di daerah setempat.

Berdasarkan laporan tersebut,  orang utan ini sudah beberapa kali masuk ke wilayah permukiman warga, terutama memakan buah di kebun sekitar rumah. Akibatnya, terdapat banyak sarang lama dan baru di lokasi tersebut yang mengindikasikan orang utan  sudah cukup lama berada di sekitar kawasan tersebut.

Usai mendapat laporan tersebut, pada Rabu (31/5/2023) tim WRU BKSDA Kaltim melakukan pemantauan pagi hari di lokasi.  Tim  WRU BKSDA Kaltim akhirnya memutuskan untuk melakukan rescue (penyelamatan) ibu dan bayi orang utan tersebut agar dapat dipindahkan ke hutan yang lebih aman.

Kepala Balai BKSDA Kaltim M. Ari Wibawanto, menjelaskan orang utan betina ini diperkirakan berusia 13-15 tahun dan bayinya diperkirakan berusia 1 tahun.

BACA JUGA :  Dibawa Jalan ke Bengalon, Dicekoki Alkohol hingga Mabuk, 4 Remaja Cabuli Anak di Bawah Umur

“Tepat pada siang harinya, tim WRU dibantu mitra BKSDA Kaltim (CAN Indonesia) berhasil mengevakuasi Induk dan bayi Orang utan ini,” jelasnya, Selasa (6/6/2023).

Selanjutnya,  Ari  menerangkan  bahwa upaya penyelamatan satwa seperti ini sangat memerlukan dukungan semua pihak. “Baik itu lembaga pemerintah, LSM maupun masyarakat agar satwa liar khususnya yang dilindungi termasuk orang utan dapat terus lestari di alam,” tandasnya. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img