spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sungai Sepanjang 12 Km di Desa Panca Jaya Akan Dinormalisasi

TENGGARONG – Karya bakti TNI yang dilakukan oleh Kodim 0906/Kukar kembali menyasar Kecamatan Muara Kaman, tepatnya di Desa Panca Jaya. Kali ini, menyasar normalisasi sungai yang menghubungkan Desa Panca Jaya dan Desa Sidomukti.

Dijelaskan oleh Kepala Desa (Kades) Panca Jaya, Sukiran, pengecekan titik pengerjaan normalisasi pun sudah dilakukan. Bersama Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar, dan tentunya bersama Dandim 0906/Kukar, Letkol (Inf) Jeffry Satria, belum lama ini.

Normalisasi pun dirasa sangat penting karena dikatakan oleh Sukiran, berfungsi untuk mengairi sawah di Desa Panca Jaya dan beberapa desa lainnya yang terhubung langsung di Kecamatan Muara Kaman. Selain itu, sungai tersebut juga bertujuan untuk menanggulangi banjir ketika hujan turun.

“Karena di situ ada penyempitan sungainya. Jadi kalau dinormalisasi, tidak akan terjadi banjir walaupun hujan seharian,” ungkap Sukiran.

Bahkan ketika hujan turun sejak malam hingga pagi, dipastikan sungai tersebut akan meluap dan menyebabkan banjir dadakan. Meskipun banjir tidak berlangsung lama, namun bisa merendam areal persawahan. Hanya di Desa Panca Jaya saja, terdapat sekitar 200 hektar lahan persawahan produktif.

BACA JUGA :  Wabup Kukar Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Sumber Sari

Total ada sepanjang 8-12 kilometer sungai yang akan dinormalisasi, baik menggunakan alat berat maupun dilakukan secara manual. Kondisi langsung saat berada di lapangan akan diperhatikan.

“Sepertinya dalam agenda APBD Kukar murni (2023), dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan sekitar bulan Juni atau Juli,” tutup Sukiran. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.