spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Talkshow Literasi: Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Kaltim

Catatan: Muthi’ Masfu’ah AMd, CN LP (Trainer dan Penulis Kaltim)

LITERASI merupakan aspek yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Di era sekarang, budaya membaca dan menulis di kalangan remaja masih rendah, sehingga perlu adanya upaya yang sungguh-sungguh dari berbagai kalangan.

Dari berbagai pengalaman, terlihat bahwa (1) kegiatan literasi berperan dalam meningkatkan minat baca dan menulis, (2) adapun hambatan yang sering terjadi dalam melaksanakan kegiatan literasi adalah kurangnya sarana prasarana, metode yang ditetapkan kurang variatif serta rendahnya kedisiplinan dalam proses pembiasaan dalam proses kegiatan literasi, dan (3) usaha yang dilakukan untuk mengatasi situasi tersebut adalah memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, membuat kegiatan seperti Gerakan Literasi Sekolah (GLS), talkshow literasi, dengan berbagai kemasan kegiatan yang menarik. Salah satu kegiatan dalam gerakan ini adalah 15 menit membaca buku non-pelajaran sebelum pelajaran dimulai agar menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik.

Sebagai upaya berkontribusi terhadap perkembangan literasi di Kalimantan Timur, Yayasan Rumah Kreatif Salsabila bekerja sama dengan Gerakan Minat Baca Masyarakat serta Perpustakaan Cabang Samarinda mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah kegiatan literasi guna meningkatkan minat baca masyarakat di Kalimantan Timur, khususnya yang tinggal di daerah Samarinda.

BACA JUGA :  Pokdarwis Boba dan Akademisi Unmul Kolaborasi Ciptakan Kuliner Olahan Buah Mangrove

Kegiatan ini rencananya akan digelar pada Sabtu, 13 Mei 2023, bertempat di aula perpustakaan Samarinda mulai pukul 08.30 sampai 11.00 WITA, dengan menghadirkan beberapa pembicara, yakni Ir. H Rusmadi, M.S., Ph.D. (Wakil Wali Kota Samarinda dan Ketua Gerakan Minat Baca Samarinda), Dwi Dira (penulis cerita anak nasional), dan Muthi’ Masfu’ah (Trainer Kaltim, pegiat literasi, dan penulis nasional).

Kegiatan yang terangkum dalam paket Salsabila Smart dan Kreatif ini meliputi peluncuran buku karya anak, talkshow literasi, workshop guru profesional, pentas seni, lomba mewarnai gambar, dan bazar. Acara ini akan digelar pada hari Sabtu, 13 Mei 2023, di aula perpustakaan Kota Samarinda mulai pukul 08.30 sampai 12.00.

Ketua Penyelenggara Kegiatan, Patmi Yati, M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin diadakan untuk membangkitkan minat membaca pada anak dan juga kesadaran pada orang tua akan pentingnya kegiatan berliterasi sejak usia dini. (*)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti