spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berdayakan Warganya, BUMDes Lebak Mantan Produksi Tusuk Sate

TENGGARONG – Peluang usaha dicoba ditangkap oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lebak Mantan, Kecamatan Muara Wis, agar bisa memperoleh pemasukan berupa Pendapatan Asli Desa (PADes) sebagai penopang pendapatan desa.

Salah satunya adalah dengan mengadakan 5 unit mesin produksi tusuk sate, yang dikelola bersama warga Desa Lebak Mantan. Diharapkan tidak hanya memberikan pemasukan untuk BUMDes saja, tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian warga yang turut serta bergabung dalam pengelolaan mesin tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh Kades Lebak Mantan, Satibi Yusuf, rata-rata warga sudah mendapatkan pemasukan tambahan melalui usaha sampingan produksi tusuk sate yang diproduksi secara rumahan. “Dalam satu bulan mereka mampu memproduksi 5 ribu hingga 10 ribu tusuk sate,” ucap Satibi Yusuf belum lama ini.

Untuk pasar, masih di wilayah Tenggarong dan Samarinda saja dengan harga tiap ikat tusuk sate dibanderol seharga Rp 15 ribu. Dengan adanya usaha rumahan yang kini dikerjakan oleh warga, dianggap dapat meningkatkan ekonomi warga. Terlebih lagi, tidak ada masalah dalam hal bahan baku.

BACA JUGA :  KPK Sita 19 Unit Mobil Mewah di Samarinda, Diduga Milik Eks Bupati Kukar Rita Widyasari

Satibi Yusuf berharap banyak warga lainnya yang ikut bergabung dalam usaha rumahan ini dan berinovasi untuk meningkatkan pemasaran agar lebih luas dan berkembang. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga, termasuk dengan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar dan Dinas Koperasi dan UKM (Diskop-UKM) Kukar.

“Selanjutnya, untuk meningkatkan pemasaran, kemasan, dan pelatihan, kami akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas terkait,” tutupnya. (Adv/Afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.