BONTANG – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Bontang terus memperkenalkan Rumah Kreasi Milenial (RKM) kepada para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) Bontang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperkenalkannya pada peserta pelatihan ekraf workshop desain busana yang diadakan oleh Dispopar pada Rabu (3/5/2023) kemarin.
Kepala Dispopar, Ahmad Aznem melalui M Deddy Arianto, Staf Jabatan Fungsional Adiyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Dispopar Bontang, menjelaskan bahwa RKM masih kurang dikenal oleh pelaku ekraf Bontang meskipun telah diluncurkan oleh Wali Kota Bontang beberapa waktu lalu. Di ruangan yang terletak di lantai dasar Graha Pemuda Dispopar, para pelaku ekraf dapat berkreasi sesuai dengan bidang masing-masing.
“Pelaku ekraf bisa berdiskusi, membuat project, dan lain sebagainya. Mereka cukup mengajukan permohonan ke Dispopar untuk peminjaman tempat,” ujar Deddy.
Selain itu, Deddy menambahkan bahwa sarana dan prasarana di RKM masih terus dilengkapi. Fasilitas seperti komputer editing video, alat seni rupa, kamera foto dan video, studio podcast, dan lain sebagainya masih dalam tahap pengadaan.
“Anak-anak muda bisa memanfaatkan ruang ini semaksimal mungkin untuk berkarya,” ajaknya.
RKM merupakan wadah bagi anak muda yang secara komprehensif memfasilitasi kegiatan pengembangan ekonomi dengan desain institusi yang memiliki pola kerja sebagai inkubator bisnis dan agensi bagi pelaku usaha kreatif di Kota Bontang. Program ini sejalan dengan pengembangan sumber daya manusia di era digitalisasi.
Sebagai komitmen, pemerintah memberikan ruang kreasi yang berupa fasilitas penunjang untuk mendorong keterlibatan pemuda dalam pengembangan kota, terutama di sektor wisata, ekonomi kreatif, dan UMKM. Program ini menyasar anak muda yang memiliki karya di industri kreatif, seperti pengembang permainan, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi dan video, fotografi, desain komunikasi visual, televisi dan radio, kriya, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi. (adv/al)