spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tunjang Festival 3 Danau, Desa Semayang Bangun Penginapan Tepi Danau

TENGGARONG – Untuk mendukung sektor pariwisata di Desa Semayang, saat ini sedang dilakukan pembangunan penginapan atau homestay di tepi danau. Hal ini merupakan bantuan dari Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Dispar Kaltim) yang akan dikelola langsung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Semayang.

Desa yang terletak di Kecamatan Kenohan ini memiliki wisata alam unggulan, yaitu Danau Semayang, yang menjadi salah satu bagian Festival 3 Danau bersama dengan Danau Melintang dan Danau Jempang.

Saat ini, sedang dibangun 6 unit bangunan penginapan bagi pelancong. Hal ini bertujuan untuk memastikan wisatawan yang datang dari luar Desa Semayang memiliki lokasi yang nyaman untuk beristirahat, terutama bagi pemancing yang biasanya menghabiskan waktu akhir pekan di sana.

“Ini didorong oleh Dispar Provinsi sebagai bagian dari pengembangan Festival 3 Danau,” ujar Kepala Desa Semayang, Isra.

Setelah seluruh penginapan selesai dibangun, pihak desa akan menyelenggarakan beberapa event dan perlombaan untuk menarik minat wisatawan lokal maupun luar serta memperkenalkan potensi pariwisata desa kepada masyarakat luas. “Tahun 2024, kita akan melakukan musrenbang di homestay tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA :  Asisten III Setkab Kukar Buka Pelatihan Lisensi D untuk Pelatih SSB

Selain pembangunan penginapan, Desa Semayang juga mempersiapkan beberapa infrastruktur lainnya, seperti perahu dan kapal wisata. Tahun ini, wisata banana boat dan kapal wisata akan disiapkan, dan tahun depan ada bantuan perahu wisata dari provinsi. “Kita akan terus mengembangkan potensi pariwisata desa ini,” tutup Isra. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img