spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPMPTSP Kukar Targetkan Investasi Rp 10 Triliun, Masih Dikuasai Pertambangan

TENGGARONG– Investasi di Kutai Kartanegara (Kukar) selama pandemi Covid-19 mulai mereda dan cukup menjanjikan, bahkan melampaui target yang ditetapkan. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar mencatatkan realisasi investasi sebesar Rp 9 triliun pada 2022 lalu, yang melonjak dari target awal senilai Rp 3 triliun. Kepala DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto, mengakui bahwa pencapaian ini cukup mengejutkan karena sebelumnya hanya memprediksi peningkatan investasi di Kukar setelah dihantam pandemi Covid-19 selama 2 tahun, diangka 1,6-2 persen saja.

Bambang Arwanto mengungkapkan bahwa investasi di Kukar masih didominasi oleh sektor pertambangan dan kebun yang memang tidak terdampak selama pandemi Covid-19. Saat ini, investasi di sektor pertambangan masih mencapai 58 persen, diikuti oleh sektor infrastruktur sebesar 20 persen, dan investasi pertanian diangka 14 persen. Sisanya merupakan investasi di sektor lainnya.

“Berkaca dari hasil realisasi investasi tahun 2022, DPMPTSP Kukar menetapkan target serupa di angka Rp 10 triliun untuk tahun 2023,” kata Bambang.

Bambang juga menekankan bahwa DPMPTSP Kukar akan terus mendorong investasi di sektor lainnya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada perekonomian Kukar. (adv/afi)

BACA JUGA :  Kekurangan Guru Agama, Pemkab Kukar Berikan Usulan kepada Kemenag Kukar
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.