spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tunjang Festival Danau, Pemdes Pela Bangun Panggung Budaya Tepi Danau

TENGGARONG – Desa Wisata Pela, di Kecamatan Kota Bangun, terus melakukan perbaikan dan penambahan infrastruktur. Menunjang potensi desa ini, setelah ditetapkan sebagai Desa Wisata melalui Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 lalu.

Dengan menampilkan wisata unggulan wisata susur sungai, untuk menikmati dan menyaksikan secara langsung Pesut. Hewan mamalia endemik asli Kalimantan Timur (Kaltim). Juga menampilkan dan menyiapkan festival danau yang digelar tiap tahun.

Didalamnya, ada agenda festival kuliner, memancing dan lomba dayung. Untuk menunjang itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Pela, akan membangun panggung budaya di Tepi Danau Desa Pela. Yakni bangunan panggung sepanjang 10 meter dan lebar 5 meter.

“Di 2023 akan dibangun panggung di danau, dengan pembangunan jalan atau jembatan untuk tembus ke panggung,” ujar Kepala Desa Pela, Sofian Noor.

Terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Alimin, mengatakan jika pembangunan fasilitas penunjang tersebut menggunakan anggaran dari Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Selain menjadi pendukung kegiatan festival danau, panggung budaya ini juga bisa digunakan oleh wisatawan untuk melihat keindahan terbenamnya matahari di tepi danau.

BACA JUGA :  Desa Sumber Sari Raih Penghargaan Gender Award 2023

Jika beruntung, wisatawan juga bisa melihat langsung hewan mamalia air tawar yang sedang melintas. “Panggung budaya ini akan menghadap danau untuk melihat sunset dan memantau pesut. Selain itu, fasilitas umum seperti toilet umum juga akan dibangun sebanyak dua unit,” tutupnya. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img