spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Madri Pani: Jaminan Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu Harus Digratiskan


TANJUNG REDEB – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk masyarakat miskin diminta Ketua DPRD Berau, Madri Pani digratiskan.

Dia mengatakan, Kota Balikpapan telah menerapkan hal tersebut. “Mereka saja bisa. Kenapa Berau tidak bisa?,” ungkapnya, Rabu (8/3/2023).

Sesuai data yang dimiliki Madri, dipaparkannya, untuk masyarakat Berau yang menjadi Peserta Bantuan Iuran (PBI) Kelas III yang dibayarkan Pemerintah Pusat sebanyak 37.980 jiwa.

“Yang dibayarkan oleh pemerintah daerah sebanyak 20.077 jiwa. Untuk cakupan kepesertaannya baru mencapai 71 persen,” jelasnya.

Lanjutnya, pada tahun 2021 lalu, Pemerintah Balikpapan memberikan jaminan kesehatan gratis kepada 189.000 jiwa dari sebelumnya hanya 44.000 jiwa.

Jaminan kesehatan itu untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan. Ada 4 kabupaten/kota di dalamnya, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Kota Balikpapan dan Berau. “Tetapi kita sayangkan hanya Berau saja yang belum melaksanakan,” bebernya.

Kendati demikian, Politikus Nasional Demokrat (NasDem) itu berharap agar jaminan kesehatan gratis untuk masyarakat kurang mampu direalisasikan. “Anggaran kita besar. Saya harap ini menjadi perhatian,” pungkasnya. (dez/adv)

BACA JUGA :  Hidran Tak Berfungsi, Syarifatul: Lakukan Inventarisasi
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.