spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Upaya Puskesmas Bontang Selatan 2 Tangani Angka Stunting yang Tinggi

BONTANG – Angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Bontang Selatan 2 cukup tinggi. Ini terlihat dari data Puskesmas BS 2 yang mencatat ada sebanyak 136 stunting di Kelurahan Berbas Tengah dan ada sebanyak 194 angka stunting di wilayah Kelurahan Berbas Pantai.

Kepala Puskesmas Bontang Selatan 2, dr Livia Fitriati mengungkapkan angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Bontang Selatan 2 cukup tinggi yang tersebar di dua kelurahan.

Ia menambahkan bahwa dalam upaya penanganan stunting, pihaknya melakukan usaha di antaranya mengumpulkan balita-balita stunting yang kemudian memberikan pemahaman kepada orangtua balita yang mengalami stunting.

“Kegiatan yang rutin kami lakukan yakni kelas balita stunting. Kita kumpulkan kemudian kita konseling dan edukasi orangtuanya,” kata dr Livia Fitriati, Senin (20/2/2023).

Dirinya juga mengatakan kegiatan lain yang dilakukan seperti pemantauan balita stunting, pemberian makanan tambahan (PMT) dari Puskesmas hingga melakukan validasi data.

“Yang paling terpenting adalah validasi data. Ketika mendapatkan laporan mengenai stunting, kita validasi dulu mengenai stuntingnya,” jelas Livia.

BACA JUGA :  Lakukan Kajian Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi, Pembangunan SDM ASN yang Terarah Pada Pencapaian Visi & Misi Kota Bontang

Selain itu, upaya peningkatan dan refresing pengetahuan kader-kader Posyandu di wilayah Puskesmas Bontang Selatan 2 yakni Kelurahan Berbas Tengah dan Kelurahan Berbas Pantai.

“Refresing pengetahuan kader sehingga kita cepat dapat info mengenai stunting dengan deteksi dini di masyarakat. Jadi kader-kader Posyandu kita beri pengetahuan baru mengenai stunting,” pungkasnya. (yah)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti