spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ketua DPRD Balikpapan Dicoklit, Sampaikan Pesan Pantarlih Harus Ditambah

BALIKPAPAN – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan  melaksanakan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dengan mendatangi Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh.

Abdulloh bersama istri terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap di TPS 42 wilayah  Perumahan Jaya Makmur Raya RT 42 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Pelaksanaan coklit ini disaksikan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dan Ketua Bawaslu Balikpapan Agustan beserta rombongan di Ruang Rapat Gabungan DPRD Balikpapan, Selasa (14/2/2023).

Abdulloh mengatakan, Pantarlih masih banyak kekurangannya apabila ditempatkan hanya satu petugas. Untuk itu, dirinya menyarankan agar ada pendamping Pantarlih, sehingga kinerjanya lebih teliti dan data lebih akurat.

“Saya berharap usulan ini bisa dipertimbangkan, aturan itu masih bisa berubah kecuali Alquran dan Hadits saja yang tidak bisa dirubah,” ujarnya.

Menurut Abdulloh, satu petugas Pantarlih belum maksimal. Contohnya, ada kemungkinan Pantarlih meminta Ketua RT untuk mengumpulkan warganya yang seharusnya datang ke rumah warga langsung.

“Jadi itu usulan saya, semoga data pemuktahiran ini. Bukan juga berpacu pada data capil, tapi langsung agar terdata semua di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing,” jelasnya.

BACA JUGA :  M Najib Minta Pemkot Balikpapan Bereskan Tiang dan Kabel Semrawut

Selain itu, Abdulloh menekankan Pantarlih agar masyarakat yang berdomisili di Kota Balikpapan harus bisa berpartisipasi sebagai pemilih.

“Untuk teknisnya saya kurang tahu, tapi bagaimana caranya KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan bisa mengakomodinir semua warga. Intinya warga diperjuangkan sebagai pemilih,” tambahnya.

Menurut Abdullah, temuan di lapangan hasil random cukup banyak warga yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi hal ini perlu dipertimbangkan karena saya sudah turun di lapangan dan mendata, ini yang terjadi sekarang,” tutupnya. (ADV/DPRDBalikpapan/Bom)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti