spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Natal, Harga Bawang Merah dan Cabai di Bontang Meroket

BONTANG – Menjelang Natal sejumlah komoditi pangan di pasar tradisional Bontang mulai merangkak naik. Kenaikan signifikan terjadi pada bawang merah dan cabai merah. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang, Debora Kristiani. “Dari hasil monitoring kami sejak awal bulan kemarin, dua komoditi ini yang kenaikannya cukup signifikan,” ujarnya, Sabtu (12/12/2020).

Debora membeberkan, bawang merah yang biasanya seharga Rp 30 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 45 ribu. Adapun cabai merah, yang biasanya Rp 45 ribu per kilogram mulai naik menjadi Rp 50 ribu. “Bahkan cabai yang bagus harganya sampai Rp 60 ribu per kilogramnya,” tuturnya.

Terkait pasokan pangan, Debora memastikan, selama transport dan distribus lancar, stok akan aman. Hal ini dikarenakan mayoritas komoditi pangan di Bontang masih tergantung dari luar daerah. “Kenaikan bawang dan cabai merah ini salah satu penyebabnya karena pasokan dari Jawa belum masuk. Hanya dari Sulawesi. Sehingga pasokan sedikit berkurang dan harga naik,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dites Urine, 35 Personel Polres Bontang Negatif Narkotika

Rencananya, 21 Desember mendatang DKP3 bersama instansi terkait akan melakukan monitoring bersama terkait ketersediaan kebutuhan pokok di Kota Taman. Harapannya, pasokan kebutuhan pokok di akhir tahun nanti aman dan terkendali. (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img