spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BPBD Kukar Evakuasi Pohon Tumbang Belakang Dekranasda Kukar

TENGGARONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, melakukan evakuasi pohon yang menimpa salah satu bangunan di belakang Sekretariat Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kutai Kartanegara (Dekranasda Kukar), tepatnya di Jalan Pattimura, Kelurahan Panji, Tenggarong.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kukar Fida Hurasani menjelaskan, penanganan ini diawali dengan memberikan tanda peringatan di sekitar lokasi. Terutama di beberapa lapak di Dekranasda Kukar. Dilanjutkan dengan mengeksekusi pohon yang masih tergantung akarnya di atas tebing.

“Kita eksekusi pohon yang jatuh, mudahan tidak ada lagi yang longsor, personel pun berhati-hati dalam proses evakuasi karena posisi di lereng tebing,” ungkap Fida, kepada mediakaltim.com, Kamis (2/2/2023).

Petugas BPBD Kukar yang melakukan evakuasi, dikatakan Fida, menggunakan alat standar. Yakni menggunakan tali pengaman yang mengikat petugas, dan pohon. Kemudian dipotong dan diturunkan ke bawah.

Tak hanya mengevakuasi pohon yang tumbang karena longsoran yang terjadi pada Rabu (1/2/2023) saja. Fida juga mengatakan akan memangkas beberapa pohon lainnya yang juga berisiko. Karena sebagian pohon yang tumbuh, akarnya berada diatas bebatuan, sehingga dianggap tidak kuat dan riskan jika dibiarkan.

BACA JUGA :  Kukar Berjaya di Ajang Adiwiyata 2024: Tiga Sekolah Terima Penghargaan Nasional

“Cabang pohon yang rawan untuk dipangkas sedikit-sedikit, karena tidak menutup kemungkinan akan jatuh juga jika tidak ditangani,” tutup Fida.

Diketahui, pohon tersebut tumbang setelah lereng tebing di belakang Sekretariat Dekranasda Kukar longsor. Setelah intensitas hujan yang tinggi disertai dengan kencang, dalam beberapa hari terakhir. Hingga puncaknya pohon berukuran 3 meter tersebut tumbang tergerus longsor sekitar pukul 15.00 WITA. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.