spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inilah Harapan Wakil Ketua Komisi X DPR dan Tokoh Muda Kaltim Terhadap Pembangunan Sosial IKN

SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, menaruh harapan besar terhadap terpilihnya Susianah Affandy sebagai Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Otorita IKN.

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim tersebut, mengapresiasi kinerja Tim Seleksi Terbuka Calon Pejabat Tinggi Pratama karena memperhatikan keterwakilan perempuan. Susianah selain sebagai aktivis perempuan tingkat Nasional dan internasional, juga berbekal pengalaman kerja selama 18 tahun di lembaga birokrasi membuatnya berpengalaman dalam perencanaan dan pelaksanaan program di masyarakat.

“Saya mengenal lama Bu Susianah Affandy saat bersama aktif di Kongres Wanita Indonesia. Beliau adalah advisor sustainable development dalam International Council of Women. Bu Susianah memiliki pengalaman dalam menggerakkan partisipasi masyarakat lokal mulai dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan di lapangan,” jelasnya

“Jadi kami menaruh harapan besar pembangunan ekonomi dan fisik di IKN akan berjalan seiring dengan pembangunan sosial dengan memperhatikan kepentingan perempuan dan anak,” sambung Hetifah

Selain politisi Golkar, salah satu tokoh muda Kalimantan Timur yang aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat adat, Rusmita,  juga menaruh harapan besar terdapat pembangunan Ibu Kota Nusantara.

BACA JUGA :  Api Membara di Kota Samarinda, Sehari 2 Kali Kejadian dan Tewaskan 1 Orang

Sebagai generasi muda yang lahir dan besar di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, ia melihat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sejauh ini berjalan efektif sebagai upaya menuju Indonesia Emas dan Negara Maju Tahun 2045.

“Yang terpenting adalah pembangunan yang merata untuk seluruh wilayah di Indonesia. Maka pembangunan IKN perlu adanya perhatian oleh semua kalangan termasuk generasi muda,” ujar wanita yang merupakan kandidat Doktor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) tersebut.

Salah satu yang dapat dilakukan generasi muda dalam pembangunan IKN adalah menjaga kelestarian alam dan memastikan hak-hak masyarakat (termasuk masyarakat adat) dilindungi oleh negara. Menurut Rusmita, jangan sampai permasalahan lingkungan baru yakni sebagai tempat Ibu Kota Nusantara akan melahirkan keterbelakangan masyarakat lokal maka maka aspek pemberdayaan masyarakat harus diperhatikan dengan baik.

Negara ujarnya, harus mampu melindungi dan mengikutsertakan masyarakat adat sebagai bentuk penghormatan untuk kelestarian adat yang ada di Kalimantan sehingga tidak tergerus zaman seiring berkembangnya IKN menjadi kota besar dan maju. Pepatah ‘Mayang Aso Erai Tumpa, Kelapa Aso Erai Langgar’, cukup menarik untuk digaungkan sebagai semboyan di tengah proses pembangunan IKN.

BACA JUGA :  Dongkrak Kapasitas, BKOW Gelar Pelatihan QLT for Women

“Ya, walaupun berbeda-beda, kita tetap harus bersatu. Ayo generasi muda terus kawal perkembagan pembangunan infrastruktur IKN. Jayalah IKN, Jayalah Indonesia,” harap Rusmita

Sebagai Tokoh muda asal Kaltim terhadap pembangunan IKN seiring dengan pengumuman Panitia Seleksi Terbuka Pejabat Tinggi Pratama yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pengawalan penyelenggaraan Ibu Kota Nusantara.

Salah satu calon pejabat tinggi pratama yang lulus seleksi adalah Susianah Affandy yang menempati posisi sebagai Direktur Pemberdayaan Masyarakat. Rusmita yakin masyarakat lokal, khususnya masyarakat adat akan terjaga eksistensinya di bawah kepemimpinan Susianah Affandy. Ia menilai Susianah memiliki pengalaman lapangan dalam pemberdayaan masyarakat rentan dan kelompok minoritas di Indonesia. Susianah juga memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menggerakkan masyarakat dalam pembangunan sosial dan kesehatan di Indonesia.(eky/rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti