spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Perbaikan Jembatan Sambaliung Akan Dilanjutkan

TANJUNG REDEB – Perbaikan Jembatan Sambaliung akan dilanjutkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim pada tahun anggaran 2023. Proses lelang dilakukan secepat mungkin agar tidak melewati waktu yang ditentukan dan terhindar dari denda.

Saat ditemui awak media, Pj Sekda Berau, Agus Wahyudi menuturkan, perbaikan Jembatan Sambaliung merupakan kewenangan Pemprov Kaltim. Akan tetapi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau tetap mendukung perbaikan tersebut.

“Karena yang menggunakan nantinya adalah masyarakat Berau. Kami tetap membantu Pemprov Kaltim untuk melancarkan perbaikan Jembatan Sambaliung,” ujarnya, Rabu (4/1/2023).

Mantan Asisten II Setkab Berau itu menyebut, saat ini pihaknya telah mengkoordinasikan rencana perbaikan Jembatan Sambaliung. “Kami sudah berkoordinasi, anggaran perbaikan sudah masuk untuk tahun ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, masalah perbaikan jembatan penghubung Tanjung Redeb dengan pesisir selatan Bumi Batiwakkal, sempat menjadi konsumsi publik. Pasalnya, perbaikan selalu ditunda.

Dijelaskannya, berdasarkan peraturan yang berlaku, jika hingga akhir tahun anggaran telah berakhir, namun belum selesai mendapatkan tambahan waktu 50 hari kerja. Tapi, dengan konsekuensi rekanan terkena denda.

BACA JUGA :  Ivan: Perpustakaan di Kaltim Harus Berkembang

“Kami sempat mencari celah supaya rekanan jangan sampai kena denda, karena kesalahan bukan ada di rekanan. Tapi, dalam peraturan celah itu tidak ada,” terangnya.

Maka, disepakati proyek tahun 2022 telah berakhir. Progres yang ada pun tetap mereka bayar dan proyek dilanjutkan pada tahun ini.
Selain waktu penutupan Jembatan Sambaliung, persoalan Landing Craft Tank (LCT) juga menjadi perdebatan. Dibeberkannya, Pemkab Berau sempat meminta keterlibatan pihak ketiga untuk membantu menyediakan LCT dengan menggunakan dana CSR, akan tetapi tidak dapat dilakukan.

“Tapi, tahun ini kita patut bersyukur karena kesediaan LCT akan dibantu Pemprov Kaltim. Mereka akan menanggung biaya LCT-nya,” imbuhnya.

Orang nomor satu di jajaran ASN Berau itu berharap, pembangunan Jembatan Sambaliung dapat dilaksanakan tahun ini. Sehingga, kata dia, masyarakat bisa dengan tenang melintas di jembatan tersebut.

“Ini untuk kepentingan kita bersama, saya harap selain Pemkab Berau, masyarakat juga siap membantu menyukseskan perbaikan Jembatan Sambaliung,” pungkasnya. (dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img