spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

e-Catalog Jadi Pasar UMKM

TENGGARONG- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mendorong penggunaan e-catalog, sebagai wadah pasar bagi pelaku UMKM. Hal ini dilakukan agar UMKM tetap hidup dan dapat bersaing pasca-pandemi Covid-19.

Salah satu buktinya, Pemkab Kukar menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah hingga tingkat desa, untuk memanfaatkan produk olahan UMKM setempat.

“e-catalog lokal ini kan sudah disiapkan, masyarakat pelaku UMKM merasakan pasarnya,” ujar Bupati Kukar, Edi Damansyah, Rabu (4/1/2023).

Tidak hanya OPD, dia juga menginstruksikan seluruh dunia usaha yang berinvestasi di Kukar untuk mengutamakan membeli produk UMKM lokal saat menggelar acara. Dengan begitu pelaku UMKM merasa diberdayakan.

“Kalau rapat beli jajak (kue) dari mereka, InsyaAllah semua dilakukan untuk perbaikan,” lanjut Edi.

Dia memastikan, penerapan e-catalog di Pemkab Kukar sudah dilaksanakan sejak akhir 2022. Dukungan lain, dengan terus memberikan stimulan kepada pelaku UMKM berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Terakhir, sebanyak 3.260 pelaku UMKM menerima BLT sebesar Rp 600 ribu. Disalurkan melalui Bankaltimtara, yang berada di 20 kecamatan se-Kukar. (afi)

BACA JUGA :  Tren Kasus DBD di Kukar Naik, Tahun 2023 Tembus 1.118 Kasus
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img