spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sempat Viral, Jalan Desa Loleng Segera Diperbaiki Bertahap

TENGGARONG – Jalan poros menuju Kecamatan Kota Bangun, di Desa Loleng, bakal diperbaiki menggunakan APBD Kukar 2023. Jalan tersebut sempat viral di media sosial (medsos), karena rusak parah hingga menyebabkan kemacetan panjang. Ketika hujan, jalan seketika berubah menjadi kubangan lumpur.

Jalan di Desa Loleng ini memang diketahui non-status pada 2022, setelah sebelumnya merupakan kewenangan pemerintah pusat, sehingga Kukar tidak bisa berbuat apa-apa dalam hal penanganannya padahal kerusakan jalan sudah dikeluhkan masyarakat Desa Loleng.

Belum lagi jadi jalan darat utama dari Kecamatan Tenggarong menuju Kecamatan Kota Bangun-Kenohan-Kembang Janggut-Tabang, sehingga berpengaruh terhadap mobilisasi kebutuhan barang pokok dan jasa.

“Desa Loleng untuk tahun depan bisa masuk Kukar, kewenangan Kukar,” tutur Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar, Wisnuwardhana, Rabu (21/12/2022).

Setelah ini, lanjut Wisnuwardhana, langkah awalnya dengan mengatur strategi dalam perbaikan jalan menjadi mantap. Salah satunya, dengan meninggikan badan jalan, lantaran sering terendam air sehingga mudah rusak.

Namun, menurut Wisnuwardhana, perbaikan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan APBD Kukar. Tetapi ia meyakini pada 2024-2025 porsi anggaran untuk perbaikan jalan di Kukar akan meningkat. Seiring dengan pembangunan IKN, dan Kukar sebagai daerah mitra.

BACA JUGA :  Disco on The Road, 12 Remaja Diamankan Polsek Muara Jawa

“Karena IKN sudah mulai, mudah-mudahan porsi (anggaran) kita didapat sebagai mitra IKN,” tutup Wisnu. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img