spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kompor Meledak, 4 Rumah Hangus Terbakar di Sumber Rejo

BALIKPAPAN– Empat rumah di RT 49 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, hangus dilalap si jago merah, Kamis (20/10/2022) petang. Akibatnya, 19 orang yang tinggal di rumah tersebut harus kehilangan tempat tinggal.

Padatnya pemukiman, membuat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan kesulitan menjangkau lokasi kebakaran. Sehingga api dengan cepat membesar dan melahap sedikitnya 4 rumah yang sebagian besar berbahan kayu.

Salah seorang saksi, Sani mengatakan, kejadian bermula saat ia bersama beberapa warga tengah menyemen jalan kampung. Tiba-tiba ia mendengar suara teriakan anak dari bagian bawah pemukiman.

“Kita lagi kerja disini kan, nah anaknya Pak Sahrir teriak kebakaran-kebakaran. Jadi kita langsung lari nyiram seadanya aja dulu,” ungkapnya.

Sekitar 10 menit berselang, pemadam tiba di lokasi kebakaran. Dimana sedikitnya 10 unit mobil PMK dan 6 tanki water suplay milik PDAM dikerahkan dalam memadamkan si jago merah.

Ditemui di lokasi kebakaran, Kepala BPBD Balikpapan Silvia Rahmadani menjelaskan, api pertama muncul dari rumah warga di bagian bawah. Dimana saat itu salah seorang warga tengah memasak, kemudian terdengar ledakan.

BACA JUGA :  Kolaborasi dengan Media, Bea Cukai Balikpapan Tingkatkan Transparansi Publik

“Berdasarkan informasi awal yang kita terima tadi, api disebabkan dari salah satu warga yang memasak. Dan sebelum kebakaran sempat terdengar suara ledakan,” jelasnya.

Butuh waktu sekitar 30 menit untuk menguasai api, hingga dilakukan pendinginan. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tapi 19 orang kehilangan tempat tinggal,” tambah Silvia.

Camat Balikpapan Tengah Edy Gunawan yang turut tiba dilokasi kebakaran menyebutkan, untuk sementara korban kebakaran akan disiapkan posko darurat di Kelurahan Sumber Rejo, sembari mendapat penanganan kesehatan dan kebutuhan sehari-hari.

“Kita bawa dulu korban ke kelurahan. Kita data dan kita beri bantuan yang diperlukan dulu. Sementara begitu dulu ya,” ujarnya.

Sekitar pukul 18.30 Wita, lokasi kebakaran sepenuhnya aman dari api. Petugas tampak sesekali memeriksa bara api yang masih menyala untuk segera dipadamkan. (Bom)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img