spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Manfaatkan Kemajuan Teknologi, Desa Bhuana Jaya Terapkan Absensi Digital

TENGGARONG – Kemajuan teknologi digital diterapkan oleh Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya dengan menerapkan sistem absensi, berbasis QR Code atau kode respon cepat untuk seluruh pegawai yang bekerja di Kantor Desa Bhuana Jaya.

Selepas menghadiri Ngapeh Hambat LOBI-KU, implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Sekretaris Desa (Sekdes) Bhuana Jaya, Suwondo, menjelaskan, penerapan absensi berbasis QR Code merupakan  adaptasi dari kemajuan teknologi saat ini.

“(Di kantor desa) sistem absensi pegawai desa saat ini sudah sistem digital, seperti halnya saat ini tanda tangan dilakukan dengan elektronik,” ujar Suwondo, Kamis (20/10/2022).

Dikatakannya, penggunaan sistem  tersebut sudah dilakukan sejak 2020. Hal ini memudahkan administrasi desa terkait absensi pegawai sebab selama satu bulan penuh akan terekapitulasi secara otomatis. Bahkan sistem absensi digital ini sudah dijalankan juga oleh beberapa desa tetangga seperti Desa Mulawarman dan Embalut.

“Kita saling berbagi dan membantu satu sama lain,” lanjut Suwondo.

Tidak hanya absensi digital, Desa Bhuana Jaya kini mengelola situs pemerintahan desa. Fungsinya memberikan informasi akurat seputar desa bagi masyarakat, sekaligus mencegah berita hoaks. Caranya dalam tiap pekan, pihak desa memposting minimal satu informasi yang bermangaat bagi warganya.

BACA JUGA :  Sunggono Apresiasi 5 Aksi Perubahan Pejabat Administratornya

“Jadi informasi peraturan desa, peraturan kepala desa, juga selalu update dan bisa didownload warga umum. Karena hoaks bisa merugikan warga, oleh sebab itu kita harus mencerdaskan warga. Untuk melakukan cek dan konfirmasi terhadap sebuah berita,” tutup Suwondo. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.