spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Maksimalkan Penerapan SPBE, Diskominfo Undang OPD dan Camat se-Kukar

TENGGARONG– Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti Rapat Koordinasi yang digelarĀ  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar. Rakor yang berlangsung pada 12-13 Oktober 2022, di Hotel Mercure Samarinda itu, membahas tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“SPBE itu sebenarnya tidak asing, dulunya bernama e-Government (e-Gov),” jelas Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Totok Heru Subroto, Kamis (13/10/2022).

Menurut Totok, e-Gov yang sempat “tenggelam” akan kembali digalakkan di seluruh OPD,Ā  kecamatan hingga kelurahan dan tingkat bawahnya. Mereka dijelaskan bagaimana menjalankan pelayanan pemerintahan berbasis digital, demi menuju smart city di Kukar.

“Membentuk pemerintahan yang smart city, sekarang ini masih fokus pemerintahan. Seperti pembayaran, transaksi, surat-menyurat, semua pelayanan sudah elektronik, tapi itu masih pemerintah,” lanjut Totok.

Kedepannya, SPBE merambah ke lingkungan kemasyarakatan, sehingga Kukar benar-benar menjalankan aktivitas berbasis elektronik. Terlebih Kukar menjadi bagian atau daerah mitra Ibu Kota Nusantara (IKN). Sehingga secara bertahap dipersiapkan, dimulai dari pemerintahan terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Bupati Kukar Hadiri Ekspos Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik

“Ini harus dilaksanakan dalam suatu sistem yang terintegrasi, tidak dilakukan sendiri-sendiri atau sektoral, sehingga layanan yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten menjadi lebih efektif dan efisien. SPBE harus dapat menjadi katalis terwujudnya pilar Smart Governance dalam rangka menjadikan Kutai Kartanegara sebagai salah satu Smart City di Indonesia,” tutup Totok. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.