spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba Olahraga Tradisional Akan Meriahkan Pesta Adat Erau Kutai 

TENGGARONG – Pesta Adat Erau Kutai kembali digelar, setelah dua tahun lama ditiadakan. Sebelumnya dilaksanakan dengan meriah pada 2019. Untuk memeriahkan acara budaya tersebut, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan mengadakan festival olahraga tradisional (oltrad).

Dispora Kukar akan mempertandingkan 11 pertandingan oltrad. Yakni BMX cross, panahan, katapel, enggrang, kelom panjang, dagongan, hadang, menyumpit, behempas bantal, belogo, dan begasing. “Ada 11 olahraga tradisional yang akan kami gelar mulai 25 sampai 29 September,” ujar Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni.

Ia pun berharap animo masyarakat, khususnya Kukar bisa tinggi, untuk ikut memeriahkan festival oltrad, sebagai salah satu upaya melestarikan permainan tradisional asli Kutai. Di tengah gelombang terpaan era digitalisasi yang terus menggerus minat anak-anak zaman sekarang.

“Kami mengharapkan partisipasi duta-duta olahraga tradisional dari seluruh kecamatan di Kukar, bahkan klub olahraga tradisional di Kaltim,” pungkas Aji Ali Husni.

Sebelumnya Dispora Kukar menggelar Kejuaraan Terbuka Oltrad pada Juni 2022. Bersama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Kukar mempertandingkan 4 permainan dan Oltrad yakni gasing, besumpit, bebetis (engrang) dan belogo. Lomba diikuti sekitar 250 peserta dari Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai tuan rumah, Samarinda, Balikpapan, Kutai Barat (Kubar) dan Kutai Timur (Kutim). (afi)

BACA JUGA :  Kukar Mulai Jajaki Penerapan Digital ID
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.