spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Mahulu Sampaikan Usulan Pembangunan Bandar Udara

SAMARINDA– Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menyampaikan usulan pembangunan bandar udara di Ujoh Bilang Mahulu, kepada Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Kepada Wagub, Bonifasius mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan lahan pembangunan bandar udara untuk kabupaten termuda di Benua Etam tersebut.

“Untuk lahan sudah klir Pak Wagub. Sekarang menunggu penlok (penetapan lokasi) dari pusat,” kata pria yang akrab dipanggil Boni ini.

Boni meyakinkan, kehadiran bandara baru akan sangat membantu kemajuan Mahulu. Pasalnya, dengan layanan penerbangan yang lebih representatif, Mahulu akan lebih mudah terhubung dengan Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, kota-kota lain di Kaltim seperti Balikpapan dan Samarinda, bahkan kota di negara tetangga Malaysia, Kuching di Serawak.

Sementara Hadi Mulyadi mengaku memberikan dukungan sepenuhnya terhadap rencana tersebut. “Saya sudah minta Pak Bupati mengirimkan usulannya untuk diteruskan kepada anggota Komisi V DPR dapil Kaltim, Pak Irwan agar segera dibantu diwujudkan,” ungkap Hadi Mulyadi.

Mengingat data yang diperlukan sudah lengkap, lanjut Hadi, maka usulan ini harus segera direalisasikan.  “Mudah-mudahan bisa jadi agenda prioritas pemerintah pusat,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Dishub Kaltim Gelar Inspeksi Keselamatan Angkutan Lebaran

Sekretaris  Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Stephanus Madang yang mendampingi Bupati Bonifasius menambahkan, saat ini mereka sudah menyiapkan 250 hektare lahan untuk  pembangunan lapangan udara.

“Tanah (lahan) sudah ada kurang lebih 250 hektare, bersertifikat. Lahan milk Pemkab Mahulu berada di sekitar Ujoh Bilang. Nantinya lahan itu akan kita hibahkan ke pusat (Kementerian Perhubungan) agar bisa dibangun bandara,” ungkap Stephans Madang.

Disebutkan pula, untuk tahap awal panjang landasan pacu (runway) mencapai 1.600 meter dan bisa dikembangkan hingga 3.000 meter.

Selain melaporkan usulan rencana pembangunan bandara, Bupati Bonifasius juga menyampaikan permohonan dukungan untuk pelaksanaan proyek jalan dan jembatan di Mahulu. Termasuk juga membahas rencana kunjungan kerja Wagub Hadi Mulyadi ke Mahulu dalam waktu dekat.(adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.