spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lapas Samarinda Buka Kunjungan Tatap Muka, Kalapas: Untuk Keluarga Inti Saja

SAMARINDA – Setelah kurang lebih dua tahun 3 bulan tak ada kunjungan tatap muka, kini Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Samarinda diperbolehkan menerima kunjungan dari keluarga. Meski demikian ada beberapa prosedur atau persyaratan baru yang harus dipatuhi para pengunjung.

“Di antaranya hanya diperbolehkan untuk keluarga inti saja. Untuk teman dan pacar itu tidak boleh. Sebelumnya dulu diperbolehkan, namun sekarang belum bisa,” ucap Kalapas Kelas IIA Samarinda, Moh Ilham Agung Setyawan saat diwawancarai di kantornya.

Selain itu katanya, kunjungan hanya buka pada hari Senin sampai Kamis serta Sabtu. Kemudian untuk para pengunjung Lapas diwajibkan telah mendapatkan vaksin booster.

“Hari Senin hingga Kamis itu kita jadwalkan per hari dua blok saja yang bisa mendapatkan kunjungan. Sedangkan pada Sabtu itu 3 blok hunian. Pengunjung wajib vaksin booster, jika tidak, wajib membawa antigen. Selain itu WBP juga sebelum mendapati kunjungan wajib berkoordinasi dengan pihak keluarga yang ingin berkunjung,” ungkapnya.

“Para pengunjung juga bisa memeriksa jadwal kunjungan melalui forum media sosial Lapas Samarinda sehingga pada saat berkunjung tepat pada waktunya,” sambungnya. Perlu diketahui, jadwal kunjungan terbagi menjadi dua, yakni pagi pukul 09.00 – 11.00 Wita dan siang pukul 13.00 – 14.20 Wita.

BACA JUGA :  Tingkatkan Herd Immunity, Gubernur Isran Ikut Suntikan Vaksin

Sejak dibukanya kunjungan tatap muka Senin (4/7/2022) kemarin hingga kini, Ilham menyebutkan telah ada 15 orang yang berkunjung ke Lapas Samarinda.

Dia berharap kepada keluarga warga binaan agar mempersiapkan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Apabila bukan dari keluarga inti, maka hanya dapat menitipkan makanan. “Selain dari keluarga inti itu tidak bisa berkunjung. Jadi untuk teman atau pacar dan lainnya hanya dapat menitipkan makanan,” jelasnya.

Sementara itu, untuk memperkuat keamanan Lapas sejak kunjungan tatap muka, kata Ilham, pihaknya telah menambah personel penjagaan. “Kami juga ada menambahkan personel tambahan, seperti dibagian pemeriksaan, penjaga pintu utama (P2U), dan bagian pelayananan terpadu,” pungkasnya. (vic)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.