spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ajang Olahraga Daerah Diharapkan Mampu Lahirkan Atlet Berprestasi

PENAJAM – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam Pongrewa mengharapkan, ajang pertandingan olahraga tingkat lokal mampu melahirkan atlet-atlet muda potensial yang nantinya bisa mengharumkan nama PPU.

Hal itu disampaikan saat menutup Pekan Olahraga (POR) SMP/MTs 2022 dan Gala Siswa Indonesia (GSI), Sabtu (4/6/2022). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Stadion Panglima Sentik PPU itu, Hamdam menyampaikan apresiasi pada panitia pelaksana serta semua pihak yang telah berperan dalam menyukseskan kejuaraan.

“Kiranya kejuaraan ini menjadi tonggak bagi kebangkitan insan olahraga di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meraih prestasi yang lebih baik,” ungkapnya.

Ia mengharapkan pada semua partisipan, khususnya para pemenang, dapat menjadi ajang ini motivasi untuk berlatih lebih keras lagi. Hal ini juga agar dapat meraih prestasi yang lebih gemilang di ajang yang lebih tinggi.

“Satu pelajaran yang bisa kita petik, khususnya bagi seluruh pecinta olahraga, bahwa siapa yang paling siaplah yang akhirnya bisa mencapai prestasi optimal. Dalam pengertian, atlet yang berlatih dengan keras dan disiplin yang tinggi, yang ditangani secara profesional dan berdedikasi tinggilah, yang pada akhirnya akan tampil sebagai juara,” jelasnya.

BACA JUGA :  IKN Diyakini Picu Pertumbuhan Ekonomi di PPU

Lebih lanjut, orang nomor satu di PPU ini optimistis kejuaraan yang terlaksana ini membawa dampak signifikan. Ia mengarahkan untuk dijalankan sistem pembinaan yang terpadu, kerja keras dan komitmen bersama semua pihak.

“Saya harap dengan adanya pekan olahraga ini dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi. Tidak hanya di tingkat daerah, tapi tingkat nasional, asia, bahkan internasional,” sebut Hamdam.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin mengatakan, ajang yang dilaksanakan itu menggabungkan dua pertandingan yakni GSI yang akan berlanjut ke tingkat provinsi. Sedangkan untuk tingkat nasional POR SMP/MTs tahun 2022, keduanya mulai dilaksanakan pada 24 Mei – 4 Juni 2022.

“Kegiatan ini pertama kali kami laksanakan. Sebelumnya pelaksanaan dijalankan oleh guru-guru olahraga setiap tahunnya,” ucapnya dikonfirmasi Minggu, (5/6/2022).

Sementara pelaksanaan tahun ini sepenuhnya dijalankan Pemkab PPU melalui Disdikpora PPU. Ada 4 cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu sepak bola, bulu tangkis, atletik dan sepak bola GSI.

Tak berhenti di sini, agenda olahraga terdekat selanjutnya yang akan digelar ialah kejuaraan kelompok umur 17 tahun untuk SMA/sederajat. Hal ini diadakan dalam rangka seleksi menjelang Piala Gubernur 2023. Gelaran itu akan juga akan dilaksanakan di Stadion Panglima Sentik.

BACA JUGA :  DPRD PPU Minta Penyerapan Anggaran Dinas PUPR Profesional

“Untuk para juara dan yang belum, tetap semangat untuk berlatih karena kedepan akan ada banyak kejuaraan olahraga yang akan kami pertandingkan,” tutupnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img