spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Self Motivation, Self Development and Self Confident (Bekal untuk Menjadi Kartini Era Baru)

Catatan : Muthi’ Masfu’ah, A.Md, CN NLP

(Direktur Pelaksana Yayasan RK Salsabila, penulis dan trainer)

 

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. RA Kartini adalah seorang tokoh yang memperjuangkan hak-hak perempuan yang pada masa itu sangat terbelakang dalam hal pendidikan.

Melalui RA Kartini membawa perubahan yang signifikan terhadap kesetaraan hak-hak perempuan. Tanpa perjuangannya, mungkin kaum perempuan akan terus terbelakang sampai sekarang.

 

  1. Self-Motivation

Tahukah kita bahwa self-motivation adalah kemampuan untuk mendorong diri melakukan sesuatu dalam rangka mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas. Self-motivation biasanya didorong oleh keinginan untuk melakukan sesuatu, puntuk menciptakan dan menghasilkan. Dorongan inilah yang membuat seseorang mampu melanjutkan apa yang dia kerjakan meski tidak ada imbalan atau tidak ada yang memerintah. Self-motivation bisa datang dari dalam diri atau dari faktor eksternal. Faktor yang datang dari dalam diri untuk senantiasa melakukan perubahan diri. Misalkan ia senantiasa berusaha menambah wawasan, terus belajar, banyak membaca, banyak berdiskusi agar kemampuan diri terus bertambah sesuai dengan perkembangan zaman.

BACA JUGA :  Sudah Proses Perizinan, Rencana Juli McDonald's Mulai Dibangun di Bontang

 

  1. Self-Confident atau Keyakinan dan Kepercayaan Diri

Keyakinan diri adalah keyakinan atas kemampuan diri untuk mencapai keberhasilan, dan kemampuan diri untuk mencapai keberhasilan tersebut. Sementara kepercayaan diri adalah percaya pada kemampuan diri untuk bisa memperoleh keberhasilan dan menikmati keberhasilan tersebut. Kepercayaan diri yang tinggi dapat menghantarkan seseorang untuk terus berbuat baik dan berkarya, meski sederhana yang dimiliki. Tapi ia akan terus berusaha menginspirasi orang lain untuk bisa bermanfaat untuk masyarakatnya.

Dalam hal ini perlu sekali untuk senantiasa berpikir positif, karena hal ini akan berhubungan erat dengan kepercayaan diri dalam proses membangun self-motivation. Karenanya kita harus bisa selalu berpikir positif akan menjaga diri kita dari berpikiran negatif tentang apa yang belum terjadi. Apabila kita berpikir positif, maka kita akan berfokus pada perencanaan hal-hal yang positif, sehingga hasilnya pun akan jauh lebih positif. Tetapi jika kita terbiasa berpikir negatif, maka energi yang dikeluarkan oleh dari kita juga negatif, sehingga respon yang kita terima dari lingkungan dan orang-orang di sekeliling kita akan negatif pula.

BACA JUGA :  Bikin Resah Warga, 25 Motor Pakai Knalpot Racing Ditindak Polres Bontang

 

  1. Self-Development (Pengembangan Diri)

Self development adalah suatu strategi atau cara yang dilakukan dan diusahakan oleh individu guna mengembangkan kesadaran diri, potensi, bakat, keterampilan, dan kemampuan. Tujuannya adalah agar kualitas hidup dan pribadi menjadi lebih maju.

Nah, Self Development merupakan salah satu kunci dalam mengembangkan kualitas hidup dan diri individu. Dengan kata lain, individu yang menerapkan self development pada dirinya, ia berusaha untuk memperbaiki, mengubah, dan mengembangkan diri, baik itu kualitas pribadi maupun hidupnya.

Nah dengan bekal self motivation, self confident dan self development semoga kita semakin kuat dan yakin untuk menjadi Kartini Era baru yang siap menghadapi tantangan hidup yang lebih berat lagi. Akhirnya, Selamat Hari Kartini. Terus bersemangatlah memperbaiki diri untuk bermanfaat bagi masyarakat dengan skill apapun yang kita miliki. (**)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img