spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dishub Kaltim Gelar Inspeksi Keselamatan Angkutan Lebaran

BALIKPAPAN– Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) sejumlah bus di pool perusahaan Bus Gelora, di Km 1 Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan.

Ramp check dilaksanakan guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan Lebaran mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring mengatakan, jajarannya bergerak cepat melakukan ramp check angkutan darat, usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H, di Markas Kepolisian Daerah (Mapolra Kaltim) di Balikpapan (14/4/2022).

“Kami langsung action, karena salah satu arahan Kapolri yaitu mengecek kesiapan transportasi yang akan melayani masyarakat mudik lebaran tahun ini,” terang Sembiring mengutip dari Biro Adpimprov Kaltim.

Dia membeberkan, ada 3 hal yang menjadi target pemeriksaan untuk memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan, yaitu: kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik, dan kelengkapan sarana penunjang.

“Kita cek semua, mulai surat kendaraan, masa berlaku kirnya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman dan lain-lain,” jelas Kadishub.

BACA JUGA :  Hindari Mobil Putar Balik, Pengendara Motor Tewas Terjatuh

Dishub Kaltim dalam waktu dekat juga akan melakukan ramp check terhadap moda transportasi lain seperti kapal laut, kapal sungai bahkan kapal wisata. Hal tersebut bertujuan untuk menjamin keselamatan penumpang.

“Kenapa kapal wisata, karena pada libur Idulfitri ‘kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur Sungai Mahakam,” pungkasnya.(eky/adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.