spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkat Toleransinya Tinggi, Kampung Masdarling Jadi Kampung Pancasila

BONTANG – Kampung Pancasila di Kampung Masdarling, Kecamatan Bontang Barat, diresmikan Wakil Walikota Bontang Najirah dan Dandim Kodim 0908 Bontang Letkol Arh Choirul Huda, Kamis (31/3/2022). Peresmian turut dihadiri Kapolres Bontang AKBP Hamam Wahyudi.

Letkol Arh Choirul Huda dalam penyampaiannya mengatakan, Kebhinekaan Indonesia sejak lama telah menjadi identitas yang tidak bisa dipisahkan dalam sejarah panjang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bukan hanya soal budaya, ras, dan suku. Agama yang dianut warga negara pun beragam. Indahnya, mereka telah lama hidup berdampingan tanpa memandang adanya perbedaan identitas tersebut.

“Kenapa Kampung Pancasila didirikan di Kampung Masdarling, ya karena ini contoh besar kampung yang toleransinya sangat besar,” katanya.

Contohnya, lanjut Dandim, saat acara Natal dan tahun baru yang membantu membuat makanan adalah warga muslim.

Sebaliknya, saat Lebaran giliran warga non-muslim yang membantu. “Maka dari itu, saya sangat mengapresiasi sekali toleransi yang ada di Kampung Masdarling ini,” kata Choirul Huda dalam sambutannya.

Choirul menambahkan, dalam program selanjutnya, pihaknya akan membangun kembali semangat jiwa Pancasila berupa gotong royong dan toleransi beragama.

BACA JUGA :  Soal Sanksi Dua PNS Tertangkap Nyabu, Pemkot Tunggu Hasil Penyidikan, yang Honorer Bisa Dipecat

“Dalam waktu dekat, Ramadan. Jadi minimal kami akan menggalakkan kerja bakti tiap Jumat. Diikuti seluruh lapisan dan kelompok agama yang ada di Bontang,” jelasnya.

Inti dari kegiatan ini, lanjut Dandim, lebih menggerakan masyarakat untuk bekerjasama membangun kampungnya, sekaligus mengarahkan kegiatan negatif seperti nongkrong dan balapan liar, ke hal positif seperti tadarusan di masjid.

Choirul Huda berharap setiap kelurahan minimal memiliki satu Kampung Pancasila. “Jadi ini proyek kita, karena saya nilai Kampung Masdarling ini representasi kemajemukan masyarakat yang ada di Bontang, dan tidak ada syarat khusus untuk membangun Kampung Pancasila ini, apapun kondisi kampungnya menjadi tantangan kita gimana cara membangunnya,”pungkasnya. (ahr)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img