spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Siap-siap! Sinyal Kuat Harga Pertamax Naik Besok

JAKARTA – Kabar mengenai kenaikan harga BBM RON 92 atau Pertamax semakin santer terdengar sejalan dengan tingginya harga minyak dunia. Terbaru, muncul kabar jika BBM ini akan naik pada Jumat, 1 April 2022 mendatang.

“Nanti 1 April tunggu,” tutur sumber detikcom, Rabu (30/3/2022).

Saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, pihak PT Pertamina (Persero) belum memberikan jawaban yang tegas. Pihak Pertamina menyatakan sedang melakukan kajian.

“Masih kami kaji,” kata Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.
Harga keekonomian Pertamax sendiri sudah jauh dari harga jual saat ini. Berdasarkan perhitungan Kementerian ESDM, harga Pertamax diperkirakan menyentuh Rp 16.000 per liter pada April. Sementara, Pertamax dijual dengan harga Rp 9.000 per liter, dan Rp 9.200 per liter di beberapa daerah.

Pada kesempatan terpisah, Menteri BUMN Erick Thohir berbicara mengenai BBM jenis Pertalite atau BBM RON 90 yang diputuskan oleh pemerintah untuk menjadi jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Dia menegaskan, bahwa Pertalite dijadikan bahan bakar minyak bersubsidi, sedangkan Pertamax tidak. Dengan kata lain ada kemungkinan harga Pertamax naik.

BACA JUGA :  Satu Negara Bisa Repot, Jakarta Terus Banjir, PPKM Diperpanjang Ekonomi Nasional Bisa Terdampak

“Pemerintah sudah memutuskan Pertalite dijadikan subsidi, Pertamax tidak. Jadi kalau Pertamax naik ya mohon maaf, tapi kalau Pertalite subsidi tetap,” katanya dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, disiarkan melalui saluran YouTube. (dtc)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img