spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Elon Musk Minta Dibuatkan Landasan Roket di IKN, Terbang ke Amerika Hanya 2 Jam  

JAKARTA – Ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara (PPU) pembentukannya tidak akan lepas dari perkembangan teknologi. Berbagai kemungkinan teknologi bisa saja dimasukkan ke dalamnya.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan salah satu contohnya adalah pengembangan tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa.

Nah, pengembangan itu menurutnya sudah diminta oleh Space X perusahaan besutan salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk. Dia mengatakan Space X meminta titik peluncuran pesawatnya ada di IKN baru dan juga Biak.

“Sebagai contoh mungkin ketua pansus sudah datang ke Space X di LA, di sana mereka minta Indonesia salah satu titiknya mereka itu di IKN, selain Biak. Itu untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa,” ungkap Suharso dalam rapat Pansus IKN DPR, Kamis (13/1/2022) dikutip dari detikcom.

Dengan adanya titik peluncuran Space X, dia bilang bakal ada pesawat terbang dengan kecepatan tinggi yang mengudara dari Indonesia ke Amerika Serikat. Waktunya pun singkat, cuma sekitar 1,5-2 jam.

BACA JUGA :  SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Siap Cetak Kader Muhammadiyah yang Unggul dan Berkemajuan

“Jadi nanti bisa saja dari Indonesia ke AS cuma 1,5 atau 2 jam. Mudah-mudahan tidak mampir ke Kutub Utara,” ungkap Suharso.

Bila dikembangkan titik peluncuran Space X tadi bisa saja menjadi bandara baru yang bakal menghubungkan IKN langsung ke berbagai negara. Mulai dari Singapura, hingga Australia.

“Karena itu dianggap sangat mungkin, dan dari situ bisa saja akan muncul bandara yang membawa ke Singapura, negara Asia lainnya, atau Australia dan sebagainya,” kata Suharso. “Kekayaan khatulistiwa salah satunya adalah untuk peluncuran itu,” pungkasnya. (dtc/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.